Kontroversi Sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda Syuting di Pengungsian Semeru, Ini Kata Produser

Dec 23, 2021 08:44
Terpaksa Menikahi Tuan Muda (Foto: Instagram)
Terpaksa Menikahi Tuan Muda (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Meletusnya Gunung Semeru hingga kini masih meninggalkan duka mendalam bagi warga Kabupaten Lumajang dan sekitarnya. Namun sebuah produksi sinetron justru menjadikan sekitar lokasi bencana alam sebagai tempat pengambilan gambar atau syuting. 

Hal itu lantas menimbulkan amarah. Warga setempat dibuat geram atas aksi syuting sinetron berjudul 'Terpaksa Menikahi Tuan Muda' yang tayang di ANTV itu.

Dipantau MalangTIMES.com melalui akun Instagram @lumajang.ku, terekam kegiatan syuting sinetron di sana. Dalam adegan itu, tampak 2 orang pemeran tengah berada di tempat yang terlihat seperti pusat pengungsian.

Dalam beberapa slide di dalam postingan itu mereka menuliskan kejadian miris dan ajakan untuk memboikot sinetron yang dibintangi oleh Chris Laurent dan Alisia Rininta tersebut.

"Lumajang masih dalam suasana berkabung. Mayat saudara-saudara kita yang terkubur material Semeru masih dalam harapan bisa ditemukan. Tim Anda datang ke pengungsian hanya untuk shooting film. Ditambah lagi aktor dan aktrisnya beradegan pelukan di depan anak-anak. Sungguh sangat menyakiti hati kami," demikian poster yang tertulis di unggahan akun @lumajang.ku. 

Poster tersebut menyerukan untuk melakukan boikot terhadap sinetron tersebut. Kemudian di kolom keterangan unggahan juga dituliskan kalimat bernada protes. 

Bahwa pihak tim produksi sinetron telah menjadikan lokasi bencana sebagai ajang untuk mendapatkan konten demi kepentingan kelompok tertentu. Selain sinetron, menurut unggahan yang sama, ada pula orang-orang yang membuat video klip di depan reruntuhan korban erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 lalu itu. 

Beberapa kejadian itu pun semakin menyulut emosi warga sekitar.

"Dari sini kita paham oknum-oknum yang memanfaatkan bencana sebagai ladang bisnis. Apa mereka nggak mikir? Banyak sodara-sodara kita yang kehilangan keluarganya, kehilangan teman hidup, kehilangan tempat tinggal dan lain-lain, tapi kok masih ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi ini demi kepentingannya sendiri?" lanjut tulisan tersebut.

Tim Produksi sinetron buka suara

Terpaksa Menikahi Tuan Muda adalah sinetron garapan Verona Pictures yang tayang perdana sejak 9 Agustus lalu di ANTV. Sinetron tersebut mengisahkan tentang Kinanti (Alisia Rininta) yang dipaksa untuk menikahi Abhimana (Christ Laurent) untuk menggantikan adiknya, Sarah, demi membayarkan hutang keluarga usai terjadinya kecelakaan di proyek milik sang ayah.

Sinetron itu kini sudah ditayangkan sebanyak 134 episode. Terpaksa Menikahi Tuan Muda berdurasi 150 menit setiap tayangnya.

Menanggapi hal itu, Land Produser Verona Pictures Dwi Eslogo mengaku sudah mengajukan izin syuting. "Dalam pembuatan film kita sudah mengajukan kepada sejumlah pihak. Terutama izin kepada Bupati Lumajang," ujar Dwi. 

Dwi juga menjelaskan jika sinetron yang tengah digarapnya itu menceritakan tentang kisah seorang tokoh relawan perempuan bernama Amanda yang diperankan Rebecca Tamara.

"Dalam cerita itu Amanda adalah pemilik yayasan kemanusiaan. Dia itu menjadi relawan Semeru," ucap Dwi. 

Melalui sinetron ini, pihaknya mengaku ingin menampilkan tokoh dengan nilai baik tentang kemanusiaan. Alasan itulah yang menjadi pihak PH memilih lokasi pengungsian Semeru. 

Namun hingga berita ini ditulis belum ada keterangan apapun dari pihak Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Topik
Gunung Semeruerupsi gunung semeruKorban Gunung Semerulumajangramalan bencana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru