Kesehatan Jantung Terjaga, Diabetes Tersingkirkan dengan Minum Kopi Herbal Ala dr. Zaidul Akbar

Dec 23, 2021 08:27
Kopi (Foto: allrecipes.com)
Kopi (Foto: allrecipes.com)

JATIMTIMES - Dokter sekaligus pendakwah dr. Zaidul Akbar membagikan resep kopi herbal yang memiliki manfaat bagi tubuh. dr. Zaidul mengatakan, dengan banyaknya kandungan dan manfaat  pada resep kopi herbal ini sehingga bisa mencegah diabetes dan penyakit jantung.

Resep kopi herbal yang baik untuk kesehatan jantung dan diabetes ala dr. Zaidul ini hanya berbahan dasar kunyit dan gula aren.

Melansir melalui akun Instagram pribadinya, dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa resep kopi herbal ini  sering disebut dengan 'Turmeric coffee' yang mengandung senyawa asam caffeic.

Perlu diketahui, asam caffeic (3,4-dihydroxy-cinnamic acid), merupakan senyawa organik dan antioksidan kuat, yang bisa ditemukan secara alami di berbagai macam tumbuhan.

Asam caffeic merupakan sejenis polifenol kelas mikronutrien yang dikenal karena sifat antioksidannya. Nutrisi itulah yang diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya yakni kemampuan antiradang, antikanker dan antivirus. 

Selain baik untuk kesehatan jantung dan diabetes, dr. Zaidul menuliskan jika kandungan asam caffeic bisa membantu meningkatkan kinerja atlet. 

Beberapa contoh makanan yang mengandung asam caffeic yakni kopi dan kunyit. Terlepas dari namanya, asam caffeic tidak berhubungan dengan kafein.

Asam caffeic merupakan antioksidan yang dikenal dapat membantu mencegah oksidasi molekul lain di dalam tubuh. Asam caffeic juga diklaim bisa mencegah beberapa jenis penyakit seperti di bawah ini:

- Mengurangi peradangan
- Mencegah kanker
- Mencegah toksisitas yang terkait dengan kemoterapi dan radiasi
- Mencegah diabetes
- Mencegah penuaan dini
- Mencegah penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson
- Mengurangi kelelahan terkait olahraga

Seperti antioksidan lainnya, dr. Zaidul menjelaskan jika asam caffeic bisa membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seiring bertambahnya usia. 

Sifat antioksidannya dapat membantu untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit usia lanjut lainnya, seperti penyakit Alzheimer. 

Berikut cara membuat kopi herbal ala dr. Zaidul Akbar: 

Siapkan bahan-bahan sebagai berikut:

- 5cm kunyit

- Kopi 1 sdt

- Air 100 cc

- Gula aren secukupnya

Cara membuat:

Haluskan kunyit dan seduh dengan air panas sebanyak 40 ml. Lalu diamkan selama 5 menit agar kandungan dalam kunyit keluar semua. Setelah itu seduh kopi dengan 100 cc air panas lalu kemudian diamkan. Siapkan gelas, masukan gula aren secukupnya. 

Tuang air rebusan kunyit tadi lalu aduk bersama gula aren. Setelah campuran gula aren dan kunyit siap, tuangkan kopi yang sudah diseduh tadi dan aduk semua bahan. 
Turmeric coffee pun siap untuk diminum. "Resep di atas setelah hangat bisa ditambahkan jahe yang sudah digeprek atau air jahe tambahkan secukupnya," tulis dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kopi herbalzaidul akbarasam caffeic

Berita Lainnya

Berita

Terbaru