Terjual Rp 2,4 Miliar, Begini Keindahan Lukisan 'Karya Bunga' Milik Awiki yang Fantastis

Dec 21, 2021 07:56
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di samping lukisan "Pasar Bunga", Karya Awiki di Gedung Juang 45 Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times (Foto: Disbudpar Banyuwangi for Jatim TIMES)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di samping lukisan "Pasar Bunga", Karya Awiki di Gedung Juang 45 Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times (Foto: Disbudpar Banyuwangi for Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Lukisan bertema ‘Pasar Bunga’ karya Awiki, perupa asli Banyuwangi terjual dengan harga fantastis. Karya maestro yang dipamerkan dalam agenda ‘Artos Kembang Langit’ di Gedung Juang 45 Banyuwangi itu dibeli kolektor asal luar negeri dengan harga Rp 2,4 Miliar pada Senin (20/12/2021).

Karya bernilai seni tinggi ini digoreskan di atas bidang kanvas 300 x 140 centimeter dan memanfaatkan cat rembrandt asal Belanda. Menariknya, Awiki pada awalnya tak ingin menjual karyanya tersebut dan berencana untuk meletakkan lukisannya di museum pribadinya. Namun hatinya luluh ketika melihat kegigihan panitia acara.

"Saya melihat teman-teman panitia ini sangat guyub, semangatnya luar biasa dalam pameran seni rupa tahun ini. Saya memutuskan menjual koleksi karya seni ini yang tentunya teman-teman panitia juga perupa pasti ikut senang dan bahagia," ujar Awiki.

Awiki adalah seorang perupa asal Banyuwangi yang tinggal di Bali. Dia sering menggelar pameran tunggal dan turut serta dalam pameran lukisan tingkat nasional yang bergengsi. Karya-karya luar biasanya banyak terjual ke kolektor-kolektor ‘sultan’.

211221_lukisan-24-miliar.psd60110e0144e2ee0a.png

Pengunjung pameran Artos Kembang Langit, Silvana Faraby mengaku takjub dengan lukisan karya Awiki yang memiliki nilai seni tinggi.

"Luar biasa, baru pertama kali saya melihat ada lukisan di pameran sekelas nasional laku Rp 2,4 Miliar. Saya pribadi turut bangga karena perupanya orang Banyuwangi. Tentunya ini sangat mengharumkan nama Banyuwangi," ujar Silvana.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hadir di lokasi pameran dan secara simbolis melakukan penyematan pita merah pada lukisan sebagai tanda bahwa lukisan tersebut sudah laku.

"Saya mengucapkan selamat kepada pak Awiki, dimana beliau ini memang pelukis hebat. Dan Alhamdulillah di hari-hari akhir pameran lukisan ini ada pecinta seni mancanegara yang membeli karya beliau," jelas Bupati Ipuk.

Transaksi lukisan dan seni rupa selama pameran tahun ini sudah mencapai Rp 3,1 Miliar  dengan jumlah 23 karya lukis yang terjual.

Pameran lukisan dan seni rupa “Artos Kembang Langit” akan ditutup dengan lelang karya seni rupa pada tanggal 22 Desember 2021 di Gedung Juang 45 Banyuwangi. Selain para seniman lukis dan perupa dari kota ujung timur Pulau Jawa, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga akan menghadiri acara tersebut.

Topik
pameran seni rupaPAMERAN LUKISANKabupaten BanyuwangiBupati Banyuwangisekolah pelayaran bhakti samyderaBerita BanyuwangiBerita Jatim.

Berita Lainnya

Berita

Terbaru