Begini Cara Menghitung Panjang Rantai Motor yang Bisa Anda Lakukan

Dec 20, 2021 16:18

JATIMTIMES - Rantai pada sepeda motor merupakan komponen yang ada pada motor dan harus diperhatikan dengan baik. Anda harus mengetahui cara menghitung panjang rantai motor, agar ketika membutuhkannya Anda bisa mencarinya dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan motor Anda. Pasalnya setiap rantai sepeda motor sendiri berisi tautan dalam serta tautan luar.

Tautan luar rantai sepeda motor menempel di sisi tautan dalam guna menciptakan rantai yang halus serta kohesif, dan setiap mata rantai juga harus menghadap ke arah yang sama. Ketika menghitung tautan atau rantai motor, maka Anda juga harus memperhatikan atau menghitung tautan dalam serta luar secara terpisah. Cara menghitung panjang rantai motor berbeda dengan menghitung panjang pada umumnya karena ada tekniknya sendiri.

 

Menghitung Mata Rantai Sepeda Motor

Seperti dikutip laman blog.oscas.co.id untuk menghitung panjang rantai motor dengan tepat, maka Anda juga harus memperhatikan mata rantai motor. Apabila rantai masih terpasang di sepeda motor, mungkin Anda tidak bisa melihat tautan dalam dengan jelas namun tautan luar akan terlihat.

Untuk menghitung mata rantai sepeda motor sendiri Anda dapat menempatkan sepeda motor di dudukan servicenya sesuai dengan instruksi secara manual. Sepeda motor bisa ditempatkan terbalik guna mengakses rantai. Hal ini bertujuan agar rantai mudah dilihat serta mengamankan sepeda. Selain itu, membuat roda serta rantai motor mudah diputar. Cara tersebut dilakukan bila rantai motor masih berada di motor, namun jika tidak, Anda dapat melewatinya saja.

Anda dapat menandai salah satu rantai menggunakan pena tebal untuk memberitahu jika Anda mencapai awal hitungan. Jika mata rantai kendor tersebut berupa street tunggal dapat menghitungnya melalui satu ujung saja.

Anda bisa menghitung setiap tautan luar. Hitunglah tautan luar yang dapat diidentifikasi dengan pelat besar pada kedua sisi tautan. Teruslah menghitung hingga mencapai awal perhitungan.

Setelah itu Anda bisa mengalikan hitungan dengan 2 guna memasukkan tautan dalam, contohnya Anda menghitung 55 tautan luar maka dikalikan 2 menjadi 110 tautan. Hal ini dikarenakan tautan luar bisa terlampir tautan dalam atau sebaliknya, sehingga jumlah tautan genap.

 

Hitung Panjang Rantai Anda yang Benar

Pastikan Anda melakukan cara menghitung panjang rantai motor yang benar dan tepat. Meskipun tidak mudah dan membutuhkan teknik, namun menghitung rantai juga tidak terlalu sulit.

Anda memerlukan paku keling rantai atau kunci rantai serta ketahui jumlah tautan yang dibutuhkan untuk mendapatkan panjang rantai yang tepat. Setidaknya terdapat dua cara menghitung panjang rantai motor yang bisa anda lakukan.

Yang pertama Anda dapat mengambil saluran lama Anda setelah itu letakkan di sebelah baru. Anda juga dapat mengetahui persis berapa panjang lantai baru itu seharusnya, setelah itu bisa lepaskan ikatan apapun yang sudah tidak diperlukan lagi. 

Adapun cara lain untuk melakukan perhitungan panjang rantai motor yaitu dengan menggunakan kalkulator, sehingga Anda benar-benar yakin jumlah pasti mata rantai yang diperlukan. Apabila Anda tidak memiliki kalkulator, Anda dapat menempatkan lantai di sproket yang lebih besar, dengan cincin rata yang lebih besar, lalu tarik kedua ujungnya bersama tanpa melewati rantai dengan pemindah gigi. 

Setelah itu, Anda bisa menghitung 4 tautan tambahan ke panjang rantai serta melepaskan tautan yang tidak diperlukan di tahap ini. 

Pada tahap ini Anda juga menghubungkan kedua ujung rantai baru serta voila, yaitu rantai yang panjangnya serta perhitungannya sudah tepat dan siap. Metode ini juga akan bekerja untuk jenis sepeda motor eksotis.

Itulah beberapa hal mengenai cara menghitung panjang rantai motor yang bisa Anda ketahui. Tentunya ini bukan hal yang sulit bukan?

Tentunya sangat penting bagi Anda mengetahui cara menghitung panjang rantai motor agar bisa memilih rantai yang pas dan ketat. Hal ini juga penting diketahui untuk memasang rantai dengan benar serta pemeliharaan.

Topik
rantairantai motor

Berita Lainnya

Berita

Terbaru