Obat Cantengan atau Kuku Nancep pada Kulit, Rendam dengan Air Ini Salah Satunya

Dec 20, 2021 09:36
Ilustrasi (Foto: KlikDokter)
Ilustrasi (Foto: KlikDokter)

JATIMTIMES - dr. Saddam Ismail memberikan cara dan tips mudah untuk mengobati cantengan atau kuku nancap pada kulit. Untuk diketahui, banyak faktor yang menyebabkan cantengan terjadi pada kuku seseorang.

Diantaranya seperti memakai sepatu atau sandal yang terlalu sempit, saat memotong kuku tidak rapi dan bentuk kuku yang tidak 'wajar'. Cantengan harus segera diobati karena bisa mengeluarkan nanah dan bau tidak sedap jika parah.

dr. Saddam Ismail memberikan cara mudah untuk mengobati cantengan. Melansir dari akun instagram pribadinya @saddam_ismail, berikut ulasannya:

Cantengan atau paronikia bisa diobati dengan merendam kaki atau tangan dengan air hangat kata dr. Saddam Ismail. Selain direndam dengan air hangat juga bisa memberikan salep antibiotik. 

Apabila sudah parah maka cara terbaiknya yakni mencabut kuku agar lebih bersih dan bakterinya hilang.

"Yang pertama direndam air hangat, yang kedua kukunya diganjel dengan kapas atau cotton buds," jelas dr. Saddam Ismail

"Yang ketiga dikasih salep antiobotik, yang keempat dipotong kukunya yang nancep, terakhir kukunya dicabut biar sehat," pungkas dr. Saddam Ismail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
obat cantengan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru