Doa dan Amalan Agar Selamat di Hari Kiamat, Lengkap dengan Artinya

Dec 18, 2021 07:59
Ilustrasi (Foto: Depositphotos)
Ilustrasi (Foto: Depositphotos)

JATIMTIMES - Setiap orang Islam wajib meyakini adanya hari kiamat atau akhir. Oleh sebab itu, kamu bisa mengamalkan doa agar selamat di hari kiamat.  

Allah SWT dalam Alquran surat Al Hajj ayat 7 berfirman mengenai datangnya hari kiamat. Di hari kiamat itu tidak ada satu orang pun yang tak akan merasakannya

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

"Wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr."

Artinya: 
"Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

Untuk itu, agar selamat di hari kiamat ada doa dan amalan yang bisa umat Islam lakukan. Berikut doa agar selamat di Hari Kiamat 

رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ 

"Rabbana amanna faktubna ma’as syahidin."

Artinya: 
“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad),”.

Lantas bagaimana cara kita agar bisa selamat pada hari kiamat? Dalam Alquran surat Al Ankabut ayat 7, Allah SWT berfirman mengenai amalan yang bisa menyelamatkan manusia dari hari kiamat. 

Amalan tersebut yakni beriman dan berbuat baik. 

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَنُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَحْسَنَ الَّذِيْ كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ 

"Wallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti lanukaffiranna 'an-hum sayyi`ātihim wa lanajziyannahum aḥsanallażī kānụ ya'malụn.

Artinya: 
"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, pasti akan Kami hapus kesalahan-kesalahannya dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan."

Topik
Hari kiamatteh lada hitamceramah habib bahar bin smithdunia islam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru