3 Cara Obati Sakit Pinggang, Salah Satunya Terapi Traksi

Dec 14, 2021 09:13
Ilustrasi (Foto: inf.news)
Ilustrasi (Foto: inf.news)

JATIMTIMES - Semua orang pasti pernah mengalami sakit pinggang. Sakit pinggang bisa hilang dan timbul bahkan menetap dengan waktu yang cukup lama.  Tapi ada juga yang sembuh dalam waktu singkat. 

Umumnya sakit pinggang tidak mengenal usia baik remaja, dewasa, maupun lansia.  Namun, hingga saat ini banyak yang menyepelekan sakit tersebut. Padahal jika dibiarkan lama-lama, akan berisiko menjadi saraf terjepit. 

Jika kondisinya sudah parah, sakit pinggang akan menimbulkan kram, kesemutan, mati rasa menjalar, kesulitan berjalan, hingga gangguan buang air kecil.

“Teman-teman harus waspada ya, karena di tulang belakang itu, ada kumpulan saraf. Jadi, seandainya ada saraf kejepit untuk kasus yang serius bisa terjadi kelumpuhan,” ujar dr Saddam Ismail.

sakit-pinggang-0189e683247e7459c0.png

Saat sakit pinggang, tidak sedikit orang yang berpikir jika sakit pinggang yang dibiarkan lama-lama akan sembuh dengan sendirinya.

Namun nyatanya, apabila sakit pinggang yang disertai dengan postur tubuh yang salah saat beraktivitas, bisa membuat sakit pinggangnya tidak sembuh dan bertambah parah.

Apabila bertambah parah, tentu hal tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama jika seseorang itu sering duduk terlalu lama, berdiri ataupun berjalan terlalu lama, dan menunduk terlalu lama.

Dilansir melalui video yang diunggah di kanal Youtube Saddam Ismail pada 13 Desember 2021, terdapat beberapa cara untuk mengobati sakit pinggang, yakni sebagai berikut: 

1. Kompres dengan air hangat

Kompres pinggang yang sakit atau nyeri dengan air hangat selama 20-30 menit setiap 2-3 jam. Tujuannya yakni untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, melancarkan peredaran darah, dan melemaskan otot yang tegang.

2. Memperbaiki postur tubuh

Sakit pinggang pada umumnya disebabkan oleh postur tubuh yang salah, seperti posisi duduk ataupun berdiri yang salah. 

"Saat berdiri usahakan tegap, atur posisi tempat duduknya. Usahakan menggunakan bantal lembut untuk mengganjal pinggang," imbuh dr. Saddam Ismail.

3. Terapi traksi

Tujuan dari terapi traksi ini untuk mengembalikan tulang belakang ke posisi yang normal secara bertahap. Mengatasi nyeri pinggang yang akut, yakni berfokus menjaga ruas tulang belakang berada di posisi normal agar tidak ada dorongan ke saraf.

"Cara-cara yang saya sebutkan tadi bisa teman-teman sebutkan dengan mudah di rumah dalam satu waktu dengan menggunakan bantal terapi pinggang (back care pillow), sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pinggang," ujar dr. Saddam Ismail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sakit pinggangAtasi sakit pinggangDokter Saddam Ismail

Berita Lainnya

Berita

Terbaru