7 Manfaat Ramuan Herbal Madu dan Jahe, Bunuh Sel Kanker hingga Detoks Racun di Liver

Dec 07, 2021 09:55
Madu dan jahe (Foto: The Olive Scene)
Madu dan jahe (Foto: The Olive Scene)

JATIMTIMES - Dokter sekaligus penceramah dr Zaidul Akbar kerap kali memberikan saran untuk gemar mengonsumsi makanan dan minuman herbal. Menurut dia, mengonsumsi makanan dan minuman herbal bisa membuat kualitas kesehatan semakin meningkat.

Rutin mengonsumsi makanan maupun minuman herbal juga ampuh membantu mengatasi berbagai risiko penyakit. Bahkan, menurut  Zaidul Akbar, ada satu minuman herbal yang bekerja ampuh dalam membunuh sel kanker.

Dilansir melalui akun Instagram @dr.zaidulakbar.resepjsr, bahan yang dibuat untuk membuat ramuan herbal ini juga sangat mudah. Hanya menyiapkan rumput laut, jahe, kurma, madu murni, dan chia seed.

Zaidul Akbar lalu membagikan takaran untuk setiap bahan dari ramuan tersebut. "Rumput laut murni 1 gelas, jahe 1 jempol dewasa, 1 gelas air, 3 butir kurma, 1 sendok makan madu murni, 1 sendok chia seed," ujar Zaidul.

Menurut Zaidul, mengonsumsi rebusan dari kelima bahan itu mampu  meningkatkan kebugaran. Selain itu, terdapat 7 manfaat lain yang akan dirasakan dengan mengonsumsi ramuan tersebut, apa saja? 

1. Menurunkan kadar kolesterol

2. Mengatasi asam urat

3. Memperbaiki sistem pencernaan dan melancarkan BAB

4. Menurunkan masalah darah tinggi

5. Membunuh sel kanker

6. Meningkatkan libido

7. Mendetoks racun di liver

Zaidul Akbar juga menambahkan, ada cara utama untuk mengolah ramuan di atas. Pertama yakni rendam rumput laut dengan air panas kurang lebih 15 menit, lalu angkat dan tiriskan.

Kemudian, rebus air dan jahe hingga mendidih, matikan kompor, dan campur semua bahan, tunggu sampai hangat. Tambahkan sedikit madu dan  aduk hingga merata.

Sambil minum ramuan herbal tersebut, rumput laut yang sudah ditiriskan dimakan terpisah dan dikunyah secara perlahan.  Zaidul Akbar menyarankan agar ramuan ini dikonsumsi setiap hari sebanyak satu kali.

Topik
herbal tingkatkan imunmanfaat maduminuman herbalnasi goreng lengkap

Berita Lainnya

Berita

Terbaru