Erupsi Gunung Semeru, Ini Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Malang yang Hujan Abu

Dec 04, 2021 17:57
Salah satu wilayah di Kecamatan Tirtoyudo terdampak hujan abu akibat erupsi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)
Salah satu wilayah di Kecamatan Tirtoyudo terdampak hujan abu akibat erupsi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyebut ada beberapa kecamatan yang terdampak hujan abu akibat erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB sore tadi. Material abu vulkanik itu bercampur dengan hujan yang turun. 

Sejumlah kecamatan yang terdampak hujan abu yakni Ampelgading, Tirtoyudo, Wajak, Turen dan Gondanglegi. 

"Tadi teman-teman keliling ke desa-desa, justru agak tebal itu di wilayah kota kecamatan itu. Yang mendekati Semeru malah tipis sekali materialnya dibandingkan dengan yang jalan besar itu," ujar Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan. 

Namun begitu, BPBD Kabupaten Malang masih belum mengkategorikan peristiwa tersebut sebagai bencana, akibat erupsi Gunung Semeru sore tadi. Menurut Sadono, hal tersebut karena Kabupaten Malang tidak terdampak secara langsung. 

"Kami belum mengkategorikan bencana ya, belum ada kategori bencana untuk erupsi sore tadi," imbuh Sadono.

Kondisi tersebut diperkirakan berbeda dengan yang terjadi Kabupaten Lumajang. Dan masyarakat di Kabupaten Lumajang juga dikabarkan ada yang telah mengungsi. 

"Mungkin beda dengan teman-teman di Lumajang. Karena sejauh ini Kabupaten Malang belum terdampak langsung, artinya lahar hujan tidak di Kabupaten Malang, lava pijar tidak di Kabupaten Malang, tidak ada pengungsian, tidak ada keluhan dari masyarakat sejauh ini. Jadi kita belum bisa mengkategorikan itu sebagai bencana untuk wilayah Kabupaten Malang," terang Sadono. 

Selain itu, hingga saat inu pihaknya masih terus memantau perkembangan lebih lanjut. Meskipun, masih belum ada laporan tentang rumah di Kabupaten Malang yang rusak, ataupun warga yang mengungsi. 

Topik
Gunung SemeruGunung Semeru meletusbatu street food 2021erupsi gunung semeru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru