Mengunjungi Taman Sare Keraton Sumenep, Ada Tiga Pintu Magis

Dec 03, 2021 11:07
Tampak tiga pintu di kolam Taman Sare yang menyimpan kesan magis. (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)
Tampak tiga pintu di kolam Taman Sare yang menyimpan kesan magis. (Foto: Syaiful Ramadhani/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Bila Anda berwisata ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tak lengkap rasanya bila tak berkunjung ke Keraton Sumenep.

Keraton Sumenep banyak menyimpan peninggalan sejarah yang sampai kini terawat dengan rapi. Bukan hanya bangunan dan senjata-senjata yang tersimpan di sana. Juga ada peninggalan sejarah lainnya yang memiliki nilai magis. Taman Sare (Taman Sari) misalnya.

Iya, Taman Sare merupakan tempat berupa kolam berbentuk kotak dengan kesan artistik unik dan kuno yang dikelilingi tembok-tembok cukup tinggi serta tertutup. Konon kolam ini diyakini sebagai tempat pemandian para putri dan istri-istri raja Sumenep  zaman dulu.

Dengan lokasi bersebelahan dengan bangunan keraton, Taman Sare tidaklah sulit ditemukan. Berada di posisi sebelah timur keraton, pengunjung akan tampak ketika keluar masuk dari Labhang Mesem sebagai pintu gerbang utama Keraton Sumenep.

Di dalam Taman Sare terdapat tiga pintu. Sampai sekarang masing-masing pintu itu dipercaya menyimpan kekuatan magis. Siapa saja yang masuk lewat pintu-pintu tersebut dan membasuh dengan air di Taman Sare, maka akan mendapatkan keutamaan sumber mata air tersebut.

Pintu pertama misalnya. Di pintu ini tertulis keterangan bahwa jika masuk melaluinya, dipercaya dapat membuat pengunjung terlihat awet muda serta dimudahkan dalam mendapatkan jodoh dan keturunan.

Sementara pintu kedua diyakini dapat meningkatkan karir atau jabatan seseorang. Sedangkan pintu terakhir atau pintu yang ketiga diyakini dapat meningkatkan kereligiusan orang yang melintasinya menuju kolam. Tentunya dengan catatan bahwa hal itu tak lepas dari kehendak Sang Kuasa.

Tak jarang para wisatawan ketika berkunjung ke Taman Sare selalu membasuh muka dengan air di kolam karena diyakini bisa membuat  awet muda.

Namun di lain sisi, ada pantangan yang harus dipatuhi pengunjung. Seperti mengambil atau memancing ikan di kolam Taman Sare karena diyakini akan mendapatkan kesialan.

Taman Sare tidak hanya memiliki dimensi mitos. Ada pula keindahan-keindahan lain yang bisa dinikmati pengunjung. Misal ada ikan-ikan berukuran besar dan kecil. 

Ikan-ikan itu seketika akan mendekat manakala ada pengunjung yang mencuci muka atau mencelupkan kaki ke kolam. Pengunjung juga bisa memberi makan kepada ikan-ikan agar datang mendekat.

Di sekeliling kolam, juga tersedia tempat duduk. Pengunjung bisa bersantai sembari menikmati udara segar dalam suasana keteduhan. Jika tiba waktu salat, wisatawan juga bisa segera menunaikannya. Sebab, di sisi selatan telah disediakan musala.

Topik
Keraton SumenepKolam Keraton SumenepPenghjiauan lahan gundulBerita Sumenep

Berita Lainnya

Berita

Terbaru