Ini 6 Masjid Mewah dan Megah dengan Desain Keren di Malang

Dec 02, 2021 15:23
Masjid Agung Jami Malang (prasetyo_cahyadi)
Masjid Agung Jami Malang (prasetyo_cahyadi)

JATIMTIMES - Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur. Selain dikenal dengan Kota Pendidikan, Malang juga memiliki banyak hal menarik. mulai dari budaya hingga lokasi-lokasi wisatanya. Bahkan untuk urusan religi, Malang juga sangat begitu kental. 

Di Bumi Arema ini, tersebar tempat-tempat ibadah atau masjid yang begitu megah di berbagai wilayah. Ornamen dan desain yang begitu khas membuat banyak jamaah tak jarang sengaja berkunjung ke masjid di Malang untuk melaksanakan ibadah dan sekaligus memanjakan mata dengan keindahannya.

Masjid mana saja yang memiliki desain mewah dan megah itu? Yuk simak informasi 6 masjid megah berornamen menarik versi JATIMTIMES.

1. Masjid Agung Jami

1

                                                        Foto : Welly Handoko/Travelingyuk

Dimulai dari Kota Malang, ada Masjid Agung Jami. Masjid yang Jl Merdeka Barat No 3, Kauman, Klojen, Kota Malang ini dari beberapa sumber didirikan pada tahun 1890 M. Masjid tersebut dibangun dalam dua tahap pembangunan dan dengan menggunakan arsitektur Jawa dan Arab. Bangunan Masjid Agung Jami nampak begitu megah. Terlebih lagi ketika diliaht dari tengah alun-alun kota, masjid tersebut begitu indah.

2. Masjid Tiban Turen

2

                                                        Foto : @malangspektakuler

Masjid yang ada di Jl  Anggur, Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang ini, merupakan sebagian bangunan dari Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah. 

Masjid ini telah banyak direnovasi dan dilengkapi berbagai fasilitas agar dapat membuat nyaman bagi yang menggunakannya. Masjid ini mempunyai 9 lantai masjid yang bisa dijelajahi dengan mengunakan lift maupun tangga. Ornamen mewah masjid serta ukiran kaligrafi diberbagai sudut, banyak membuat mereka yang berkunjung begitu terpesona dan betah untuk berlama-lama disana.

3. Masjid Agung An Nuur

4

                                                        Foto : Welly Handoko/Travelingyuk

Masjid ini begitu megah. Berada di dekat Alun-alun Kota Batu, masjid ini mempunyai warna yang cerah. Warna hijau dan kuning mendominasi masjid ini. Dari informasi yang diperoleh, masjid ini dibangun sejak 1823. Masjid ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan yang sai berkunjung ke Alun-alun Kota Batu maupun wisatawan dari loaksi disekitar Batu.

Masjid Agung An-Nur dahulunya merupakan sebuah masjid kecil dengan satu atap. Lantaran jamaah yang begitu banyak, hingga kemudian lokasi masjid tak mampu menampung jamaah, masjid kemudian diperluas dan dilakukan perombakan. Masjid yang mulanya ada di seberang pasar bergeser, dan beberapa tahun berselang dilakukan renovasi di masa pemerintahan Imam Kabul, walikota Batu pertama. Pada 2008, masjid diubah namanya menjadi An-Nur dan diresmikan Walikota Eddy Rumpoko.

4. Masjid Salman Al Farisi

1

                                                       Foto :adi_mrizal

Arsitektur yang menggabungkan bentuk kubah dan menara serta warnanya yang putih membuat bentuk bangunan masjid itu mirip dengan bagunan situs warisan dunia yang ada di India. Masjid ini banyak disebutk sebgai masjid Taj Mahal. 

Masjid itu dibangun oleh Yayasan Assunah Husnul Khotimah pada 2012. Lahan masjid juga begitu luas. Sekitar 1,8 hektare termanfaatkan menjadi bagian dari Masjid Salman Al Farisi. 

5. Masjid Agung Al Hidayah

5

                                                       Foto : Welly Handoko/Travelingyuk

Masjid yang berdiri di Dusun Donowarig, Desa Karangan, Karangploso ini tampak seperti Masjid Hagia Sophia di Turki. Letaknya di pinggir jalan sehingga mudah dijumpai, khususnya bagi mereka yang berjalan ke arah Kota Batu.

Masjid ini memiliki ukiran-ukiran dan ornamen yang begitu memukau. Kubah masjid juga begitu megah. Kubah utama didukung 16 kubah lebih kecil. Ditambah lagi juga terdapat ukiran kaligrafi pada bangunan masjid yang membuat banyak jamaah mengabadikan melalui foto.

Masjid ini sendiri terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan tempat wudlu dan kamar mandi. Sementara, lantai kedua dan ketiga, merupakan tempat shalat.

6. Masjid Cahyaningati

6

                                                                                      Foto : istimewa

Masjid yang berada di kawasan perumahan elite ini, mempunyai desain yang menarik, termasuk juga dnegan namanya. Masjidnya sangat aestetik dan modern. Meskipun tak terlalu besar, namun masjid ini sangatlah bersih dan nyaman. Fasilitas hingga toilet pun juga begitu mewah dengan toilet duduk. Apalagi lokasi parkir juga luas. Keamanan pun begitu terjamin. 

Topik
Lomba Poster Infografis 2021masjid piramidaornamen masjid

Berita Lainnya

Berita

Terbaru