Miliki Panorama Eksotis, Ini 5 Desa yang Wajib Dikunjungi saat Berkunjung ke Kabupaten Malang

Nov 30, 2021 10:42
Salah satu wisata tersohor di Kabupaten Malajng, Pantai Balekambang.(Foto: Istimewa).
Salah satu wisata tersohor di Kabupaten Malajng, Pantai Balekambang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Menjadi salah satu wilayah terluas di Jawa Timur, Kabupaten Malang juga menjadi salah satu daerah dengan kondisi geografis terlengkap. Mulai dari perbukitan hingga wilayah pesisir, semuanya lengkap ada di wilayah dengan luas 3.530,65 kilometer persegi itu.

Kondisi tersebut juga membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Malang memiliki panorama alamnya yang bisa memanjakan mata. Hal itu tentu bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga ataupun kerabat.

JatimTIMES telah merangkum 5 desa terindah dengan keunggulan panorama alamnya. Selain itu, juga memiliki beberapa produk unggulan. Berikut 5 desa yang wajib dikunjungi saat melangkahkan kaki di Bumi Arema.

1. Desa Taji

Berada di ketinggian 1200-1500 mdpl, Desa Taji menjadi salah satu desa tertinggi di Kabupaten Malang. Apalagi, wilayahnya yang termasuk berada di sekitar lereng Gunung Bromo, membuat desa di Kecamatan Jabung ini mempunyai panorama yang ciamik. Ditambah udara dingin khas pegunungan, desa ini cocok untuk dijadikan pilihan kunjungan saat liburan. Selain panoramanya, Desa Taji juga memiliki keunggulan dari hasil produksi kopi. Bahkan, hasil produksi kopinya juga telah mensupply kebutuhan beberapa industri kopi.

Salah satu potensi Desa Taji, produksi kopi.(Foto: Istimewa)

2. Desa Pujon Kidul

Desa yang ada di Kecamatan Pujon ini telah menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Malang. Kondisi geografisnya yang dikelilingi oleh perbukitan, menjadikan udara di desa ini cukup sejuk. Ditambah dengan hamparan sawah milik warga, semakin menambah nuansa keasrian desa yang ada Kabupaten Malang sisi barat ini. Selain itu, salah satu yang juga dikenal di Kecamatan Pujon adalah hasil produksi susu sapi perahnya.

Desa wisata Pujon Kidul.(foto: Istimewa)

3. Desa Ngadas

Desa yang satu ini terbilang sudah cukup populer di masyarakat. Terutama bagi yang suka traveling atau mendaki gunung. Desa yang masuk di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini menjadi akses menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru dari Malang.  

Dengan ketinggian mencapai sekitar 2.150 mdpl, tentu desa ini diselimuti kabut dengan udara dingin khas pegunungan. Bahkan sejumlah wisatawan ada yang menyebut desa ini sebagai negeri di atas awan. Mengingat potensinya yang cukup luar biasa di sektor wisata, beberapa tahun lalu desa ini juga telah menjadi desa wisata.

Desa Ngadas, salah satu akses menuju kawasan TNBTS.(Foto: Istimewa)

4. Desa Lebakharjo

Tidak banyak yang mengenal desa yang berada di Kecamatan Ampelgading ini. Padahal sebenarnya, desa yang berbatasan dengan Kabupaten Lumajang ini juga memiliki panorama alam yang tak kalah dari yang sudah disebutkan di atas. 

Selain itu, Desa Lebakharjo ternyata pernah menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Asia Pasifik Community (Aspac) tahun 1978 dan tempat digelarnya World Community Development Camp (Comdeca) pada tahun 1993. Beberapa event kepramukaan berskala nasional pun juga pernah dihelat di desa ini. Hal itulah yang membuat Lebakharjo juga dijuluki sebagai Desa Pramuka.

Salah satu event kepramukaan bertaraf nasional di Desa Lebakharjo.(Foto: Arsip MalangTIMES)

5. Desa Pujiharjo

Sama dengan desa yang telah disebutkan sebelumnya, desa yang berada di Kecamatan Tirtoyudo ini bahkan sudah mulai menjadi primadona bagi wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara (wisman). 

Dengan pemandangan alam yang eksotis dan jauh dari hiruk pikuk kota, Desa Pujiharjo memiliki spot wisata alam yang ciamik. Diantaranya yakni Pantai Sipelot, Air Terjun Pasir Putih (Wedi Putih), Pantai Tenger, dan Pantai Watu Kuwung.

Pantai Sipelot di Desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo. (Foto: Istimewa)
Topik
Desa Wisatadesa terindah di kabupaten malangKabupaten Malangpresidensi g20 indonesiadesa tajiBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru