4 Manfaat Ramuan Herbal Daun Teh, Ampuh Atasi Diabetes hingga Kolesterol

Nov 30, 2021 08:20
Teh Herbal (Foto: Times of India)
Teh Herbal (Foto: Times of India)

JATIMTIMES - Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Banyak sekali tumbuhan yang tumbuh subur di Indonesia, salah satunya teh.

Tak cuma di Indonesia, teh juga terkenal diberbagai belahan dunia. Tanaman teh dimanfaatkan daunnya untuk dijadikan minuman. 

manfaat-daun-teh-02236da28b297df638.png

Minuman berbahan daun teh juga sangat diminati karena bisa menghangatkan tubuh saat hawa dingin serta memiliki aroma khas saat diseduh air panas.

Bagian yang kerap diolah yakni pucuk daun teh. Daun teh memiliki bau aromatik dan memiliki rasa sedikit pahit jika tidak ditambahkan gula atau pemanis lainnya.

Namun siapa sangka, daun teh ternyata kaya akan zat bermanfaat seperti theofilin, adenine, xanthine, minyak atsiri, kuarsetin, kafein, dan natural fluoride.

Daun teh juga ampuh mengatasi berbagai keluhan penyakit seperti diare, menyuburkan dan menghitamkan rambut, mengatasin kolesterol hingga diare. Lalu bagaimana cara membuat  ramuan herbal dari daun teh? 

Berikut ulasannya melansir melalui rangkuman Buku Apotek Hidup.

1. Mangatasi sakit kepala

Bahan yang diperlukan yakni air teh kental seperempat cangkir, 1 sendok air jeruk nipis, dan 1 sendok madu.

Cara membuatnya sangat mudah, yakni air teh kental diberi air jeruk nipis dan madu, lalu diaduk sampai rata.

Kemudian, ramuan herbal ini bisa diminum sekaligus, lakukan 2 kali hingga 3 kali sehari.

2. Mengobati diabetes

Siapkan 20 gram daun teh yang masih muda dan segar. Cuci daun teh hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air bersih selama 15 menit.

Kemudian ramuan herbal disaring setelah dingin dan langsung diminum.

3. Menurunkan kolesterol

Siapkan 7 gram daun teh hijau kering. Lalu daun teh diseduh dengan air panas dan diamkan selama 10 menit. Ramuan herbal daun teh diminum saat hangat secara teratur.

4. Menurunkan demam

Siapkan teh celup secukupnya, susu instan secukupnya, dan 1 gelas air hangat. Lalu masukkan susu instan dan teh celup ke dalam gelas, kemudian seduh dengan air hangat. Ramuan herbal ini bisa diminum 3 kali sehari.

Topik
aliansi mahasiswa banyuwangitanaman tehmanfaat daun tehdoa ahli surgaDunia kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru