Doa Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT, Dianjurkan Dibaca Setiap Saat

Nov 27, 2021 09:09
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Bagi umat Islam, sudah seharusnya kita mengucap syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Bacaan doa bersyukur atas nikmat Allah SWT sudah sepantasnya untuk diketahui oleh umat Islam. 

Namun, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui atau hafal bacaan doa bersyukur. Setiap manusia tentu harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan. 

Baik bersifat batiniah maupun lahiriah. Segala sesuatu yang dimiliki harus tetap disyukuri. Karena belum tentu orang lain bisa mempunyai apa yang kalian miliki seperti saat ini. Selain itu, bersyukur kepada Allah SWT juga akan bisa memberikan kenikmatan yang lebih baik dan banyak.

Seperti firman Allah SWT sebagai berikut:

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim [14]: 7)

Lantas seperti apa bacaan doa bersyukur atas nikmat Allah SWT? Simak ulasannya sebagai berikut:

Doa Bersyukur

Adapun doa bersyukur yang bisa dibaca umat Islam adalah:

اَلحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئ ُمَزِيْدَهُ

Alhamdulillahi rabbil 'alamin khamdan katsira yuwafi ni'amahu wa yukafiu mazidahu.

Artinya:
"Segala puji Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya."

Doa bersyukur atas nikmat Allah SWT

Adapun doa bersyukur atas nikmat Allah SWT kepada hamba-Nya yakni:

"Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ‘ibadikashshaalihiin."

Artinya:
"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Surat An-Naml ayat 19

"Fa tabassama daahikam ming qaulihaa wa qaala rabbi auzi'nii an asykura ni'matakallatii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala saalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii 'ibaadikas-saalihiin."

Artinya:
"Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa bersyukur dapat keringanan ibadah dari Allah SWT: 

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ فِي الْأَمْرِ سَعَةً

"Alhamdulillahil ladzi ja'ala fil amri sa'atan."

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang memberikan keleluasaan dalam masalah ini."

Doa bersyukur dapat rezeki

يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ اَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاك‌َ

"Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka."

Artinya:
"Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu."

Doa bersyukur setiap hari

"Allahumma anta khalaqta nafsi wa anta tawaffaha laka mamatuha wa mahyaha in ahyaytaha fahfazha, wa in amattaha faghfir laha. Allahumma inni as’alukal 'afiyah."

Artinya:
"Ya Allah, Engkau telah menciptakan jiwaku, dan Engkau juga yang akan mengambilnya. Mati dan hidup jiwa ini adalah milik-Mu. Jika Engkau memberikan nyawa pada jiwa itu, tolong jagalah. Tapi jika Engkau cabut nyawa itu, tolonglah ampuninya. Aku memohon pada-Mu keselataman (agama dan duniaku)."

Doa bersyukur diberi kelapangan hati

"Allahumma radldlini bi qadlaika wa shobbirni 'ala balaika wa awzi'ni syukra ni'amaika."

Artinya:
"Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu."

Doa bersyukur diberi kesehatan

"Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadhlan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar."

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan dikhirat lindungilah aku dari siksa neraka."

Topik
syukur nikmatWujud Syukuraminduk

Berita Lainnya

Berita

Terbaru