Suami Impian

Nov 25, 2021 17:56

Judul buku : Santri Pilihan Bunda

Penulis : Salsyabila Falensia

Penerbit : Cloud Design

Tahun terbit : 2021

Jumlah Halaman : 328

Peresensi : Marshanda Devra Seshry/Mahasiswa Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang

Salsyabila Falensia Agustia atau yang biasa di panggil Acha. Lahir di kota Pontianak, 23 Agustus 2005. Acha adalah pemilik akun Wattpad @secretwriter yang menyukai berbagai film dan series anime. Berawal dari dukungan beberapa sahabat, membuat penulis semangat untuk menulis novel dan dia mempunyai impian yaitu salah satu novel karangannya dapat menjadi best seller dan bisa di angkat menjadi sebuah film.

Novel yang berjudul Santri Pilihan Bunda menceritakan perjodohan yang tidak pernah ada dalam buku rencana Aliza. Yaitu, harus menikah dengan seorang santri pilihan bundanya. Kinaan Ozama El Fatih, seorang santri pondok pesantren terkenal di kotanya. Pria tinggi dengan alis tebal, pahatan wajah yang terbilang sempurna, serta rahasia dalam dirinya. Sikapnya yang dingin tak berlaku saat sedang bersama Aliza yang sekarang berstatus sebagai istrinya.

   Aliza Shaqueena Iqala, gadis cantik pecinta batu es dengan bulu mata lentik. Sikapnya yang cuek mengharuskan Kinaan untuk mencair jika bersama Aliza. Bagi Kinaan, walaupun dirinya dan Aliza di jodohkan, Aliza tetaplah istrinya, tanggung jawabnya. Ia harus membimbing Aliza dengan baik dan membuat bahagia gadis itu. Di balik sikap dingin Kinaan terdapat sikap dermawan, Kinaan banyak merubah nasib hidup orang orang di sekitarnya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Sikap itu membuat Aliza menyadari betapa beruntungnya ia memiliki suami seperti Kinaan. Suami Aliza tersebut menyimpan luka di hatinya akibat kejadian masa lalu yang membuat Kinaan merasa bersalah dan selalu menyalahkan dirinya atas kejadian di masa lalu itu.

Di dalam novel ini penulis ingin menyampaikan kepada para pembacanya bahwa tidak selamanya perjodohan yang di atur oleh orang tua kita itu buruk. Pada awalnya orang tua kita menginginkan yang terbaik untuk kita. Mereka tidak akan membiarkan kita hidup menua bersama orang yang salah dan membuat hidup kita sensara. Terkadang penilaian orang tua terutama Bunda atau ibu kita kepada seseorang itu tidak pernah salah karena insting seorang ibu sangat kuat dan hebat.  

Novel ini juga menceritakan tetang sifat seorang remaja laki-laki bernama Zero yang akan membuat pembacanya geram karena sangat jahat dengan berani memukul dan membuat peran utama dalam novel ini yaitu Aliza celaka hingga keguguran. Bukan hanya peran utama  saja Kaka Aliza pun ikut di aniaya. Hal ini terjadi karena remaja laki-laki tersebut depresi dan tertekan sehingga ia melampiaskannya kepada orang-orang di sekitarnya. Zero di paksa untuk sukses  dengan jalan yang orang tuanya buat dengan mengurus perusahaan yang bidangnya tidak ia sukai dan sulit ia kuasai. Orang tua zero melakukan itu karena masalah utang pada perusahaan lain.  

Penulis ingin memberitahukan lewat novel ini, bahwa kejujuran adalah kunci hidup bahagia dan damai. Ungkapkanlah kejujuran walapun kejujuran itu pahit dan mungkin akan membuat pihak lain sakit hati. Tetapi kehidupan kita kedepannya akan tenang dan damai. Kebohongan yang di lakukan mungkin saja akan membuat seseorang aman tetapi suatu saat nanti kebohongan itu akan menghantui dan membuat penyesalan yang amat besar. Dalam novel ini Zena yang merupakan adik kandung dari Kinaan dan sahabat dari Aliza membohongi mamanya dan menuduh Kinaan sebagai pelaku.

Novel berjudul Santri Pilihan Bunda bernuansakan pasangan muslim yang dapat membuat pembacanya terbawa perasaan. Novel ini juga banyak mengajarkan nilai Islam. Kinaan yang berperan sebagai santri banyak mengajarkan dan mengubah kehidupan sahabat serta orang orang di sekitarnya menjadi lebih baik. Pembaca dapat mengetahui cara menerapkan ilmu agama Islam dalam kehidupan sehari hari.  

Penulis mengakhiri cerita dengan bahagia. Kinaan dan Aliza memiliki bayi dan keluarga Kinaan telah lengkap di tambah kedua orang tua kandung Kinaan telah memaafkan dirinya dan menyesali perbuatan mereka. Semua tokoh dalam novel ini memiliki kehidupan yang jauh lebih tenang, bahagia dan damai. Hal itu dapat terjadi karena kesabaran,keikhlasan dan kebaikan yang dimiliki tokoh utama beserta sahabat mereka

Novel yang berjudul Santri Pilihan Bunda ini dapat membuat pembacanya mengetahui arti dari sebuah hubungan bukan hanya hubungan antara suami istri, tetapi antara keluarga, saudara, sahabat, dan orang yang ada di sekitar kita. Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar sesuai syariat Agama Islam. Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul. Cover buku ini juga sangat menarik dengan gambar kartun laki laki dan perempuan. Novel ini memiliki cerita yang menyatukan semua perasaan, marah, sedih, bahagia, dan membuat pembacanya terkejut juga dengan alur cerita.

  Kelemahan  buku novel ini yaitu adanya beberapa kesalahan dalam penulisan kata yang dapat mengubah arti suatu kalimat dalam cerita ini dan penjelasan mengenai kehidupan beberapa tokoh dalam cerita ini masih kurang. gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini sedikit, gambar yang tidak jelas dan masih bewarna hitam putih

  Meskipun buku ini memiliki kelemahan, tidak membuat  pembacanya berhenti membaca karena di setiap lembar ceritanya selalu membuat pembaca penasaran akan cerita selanjutnya.  Saya merekomendasikan buku ini bagi para remaja untuk di baca karena banyak pelajaran yang dapat di ambil dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan pembacanya. Sebuah buku yang cukup ringan untuk dibawa ke manapun

Topik
Pegawai non ASN TulungagungBedah Bukuruang mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru