Benarkah Sering Salat Tahajud Justru Bisa Timbul Masalah?, Berikut Penjelasan dari Gus Baha

Nov 22, 2021 12:14
Ilustrasi (Foto: SBS.com)
Ilustrasi (Foto: SBS.com)

JATIMTIMES - Salat sunnah tahajud adalah salah 1 amalan ibadah dalam agama Islam yang memiliki pahala sangat besar bagi orang yang melaksanakannya.  Bahkan, bagi seseorang yang memiliki keinginan tertentu dan ingin segera terwujud, maka mereka dianjurkan melakukan salat tahajud.

Namun apakah benar jika ibadah sunnah dilakukan sering justru akan timbul masalah? Sebagaimana disampaikan oleh Gus Baha, ibadah sunnah tidak dianjurkan dilakukan terlalu sering, termasuk salah satunya salat tahajud.

Melansir melalui video yang diunggah di channel YouTube SANTRI OFFICIAl pada 7 November 2021, Gus Baha menyampaikan mengapa ibadah sunnah justru tidak boleh dilakukan terlalu sering.

Terlebih dahulu, Gus Baha mengimbau agar menjalani kehidupan secara sederhana dan tidak berlebihan. "Hidup itu biasa saja, tidak usah berlebihan, yang penting bisa senang dengan perkara yang halal. Sudah percaya saya," kata Gus Baha.

Gus Baha lalu mengatakan agar tidak melaksanakan tahajud setiap malam meskipun tahu bahwa ibadah itu sangat baik. "Jadi kamu jangan marah dengan orang yang tidak tahajud. Meskipun kita tahu bahwa yang bagus itu tahajud. Tapi kalau tahajud jangan setiap malam, kadang-kadang saja," tutur Gus Baha.

Gus Baha pun menyampaikan ungkapan ulama terkenal Syekh Abdul Qadir Al Jailani agar tidak sering melakukan ibadah sunnah. Selain itu, Gus Baha juga membeberkan alasan mengapa ibadah sunnah tidak boleh dilakukan terlalu sering. "Kata Syekh Abdul Qadir Al Jaelani, 'jangan sering orang Islam terlalu istiqomah melakukan perkara sunnah, nanti akhirnya menjadikan perkara sunnah menjadi wajib'. Akhirnya nanti bosan dan menganggap itu masalah," jelas Gus Baha.

"Ada orang Islam terbiasa salat tahajud. Suatu saat ketika ada pengajian atau sedang mikir hutang, setengah tiga belum bisa tidur. Mau tidur marah-marah dulu, 'sekarang belum bisa tidur padahal nanti ada tahajud'. Akhirnya menganggap tahajud itu sebuah masalah," sambung Gus Baha.

Gus Baha lalu menjelaskan lebih lanjut bahwa ibadah yang baik yakni saat dilakukan karena rasa rindu dengan Allah SWT. "Beda kalau kamu biasa saja. Allah itu baik, sudah tahu saya lemah, makanya tahajud tidak wajib, terima kasih Gusti, karena tidak diwajibkan, akhirnya tidur lagi," ungkap Gus Baha.

"Wah itu bagus sekali! Ternyata karena sangat dekatnya dengan Allah malah bangun tahajud bukan karena tertekan tapi karena kangen dengan Allah," tutup Gus Baha.

Topik
tahajudsalat tahajudGus Bahaastra financial & logostic

Berita Lainnya

Berita

Terbaru