Ungguli Petahana, Lutfil Hakim Terpilih Jadi Ketua PWI Jatim Periode 2021-2025

Nov 17, 2021 14:31
Lutfil Hakim (kiri) dan Ainur Rohim bergandengan tangan usai perhitungan suara yang memenangkan Lutfil Hakim. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES
Lutfil Hakim (kiri) dan Ainur Rohim bergandengan tangan usai perhitungan suara yang memenangkan Lutfil Hakim. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES

JATIMTIMES - Konferensi XV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur diwarnai pengunduran diri Eko Pamuji, satu dari tiga calon ketua PWI Jatim periode 2021-2026. Pengunduran diri Eko menyisakan dua calon ketua PWI, yakni Ainur Rohim (petahana) dan Lutfil Hakim (wakil ketua PWI Jawa Timur).

Meskipun diwarnai mundurnya salah satu calon ketua PWI Jatim tersebut, pemilihan tetap berjalan untuk memilih ketua PWI Jatim periode 2021-2025. Sebanyak 379 daftar pemilih tetap (DPT) yang merupakan anggota PWI biasa dari PWI kota dan kabupaten di Jawa Timur memberikan hak pilih secara langsung maupun surat mandat.

Peserta yang mempunyai hak suara menulis nama calon ketua yang sudah lolos verifikasi di selembar kertas dan kemudian dikumpulkan dalam kotak suara. Sementara, mereka yang tidak hadir, namun mempunyai hak suara, memberikan pilihannya melalui surat mandat.

3

Setelah 379 DPT memberikan suaranya, dan dilanjutkan dengan perhitungan suara oleh panitia dan disaksikan saksi, Lutfil Hakim terpilih menjadi ketua PWI Provinsi Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026.

Mulai dari awal perhitungan suara, kedua  calon tampak saling menyusul perolehan suara. Namun tak berapa lama, perhitungan suara mulai menunjukkan selisih. Lutfil Hakim mulai mengungguli Ainur Rohim.

Hasil akhir perhitungan suara, Lutfil Hakim memperoleh suara terbanyak. Lutfil Hakim unggul dengan perolehan 237 suara. Sementara Ainur Rohim memperoleh jumlah suara separo lebih dari perolehan Lutfil, yakni 116 suara. Dalam perhitungan suara tersebut, beberapa suara juga diketahui tidak sah maupun terdapat suara yang abstain.

Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulkifli Gani Ottoh mengatakan, dengan perolehan tersebut, Lutfil Hakim terpilih menjadi ketua PWI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026. "Dengan perolehan suara yang ada, Ketua PWI Jatim terpilih adalah Lutfil Hakim," pungkasnya.

Sementara, usai perhitungan suara  pemilihan ketua PWI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026, acara  dilanjutkan dengan perhitungan suara untuk Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jawa Timur periode 2021-2026.

Topik
Ketua PWI jatimPWI JatimPembatasan kegiatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru