Mandi di Waktu Ini Pahalanya Setara Puasa dan Tahajud 1 Tahun Penuh

Nov 17, 2021 10:04
Ilustrasi (Foto: royanews.tv)
Ilustrasi (Foto: royanews.tv)

JATIMTIMES - Tak banyak yang tahu, ternyata ada waktu mandi yang bisa mendapatkan pahala besar. Hal tersebut disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat dalam salah satu ceramahnya. 

Orang yang melakukan mandi di waktu tersebut akan mendapatkan pahala setara puasa dan tahajud selama 1 tahun penuh.

Lantas kapan waktu terbaik untuk melakukannya? Melansir melalui unggahan video ceramah di kanal YouTube Audio Dakwah dalam agama Islam, Allah telah menyediakan banyak sekali ibadah ringan dengan imbalan pahala yang besar.

Semua itu berasal dari sunnah Rasul atau menirukan aktivitas Nabi Muhammad SAW. Hal itu bisa menjadi ladang pahala agar bisa memberatkan timbangan saat di akhirat kelak.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, ada 1 amalan berupa mandi di waktu tertentu yang pahalanya sungguh luar biasa. Pahala orang yang mandi di waktu yang dimaksud setara dengan puasa dan tahajud selama setahun penuh. 

Tentu sebagai orang yang sibuk, sulit untuk bisa puasa dan tahajud 1 tahun penuh. Tentunya hal ini bisa menjadi kesempatan emas.

Namun, mandi yang dimaksud harus dilakukan dengan sempurna, dari ujung rambut sampai ujung jari kaki. Bahkan bahasa hadits-nya seperti mandi junub.

Adapun waktu terbaik untuk mandi dengan sempurna itu yakni pada hari Jumat seperti dalam hadits yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi nomor 496.

"Siapa yang mandi di hari Jumat, mandinya sempurna dibasuh awal sampai akhir, seperti mandi junub sempurna."

Namun, ada amalan lain yang harus dikerjakan setelah mandi, yakni datang di awal waktu Salat Jumat agar mendapatkan shaf pertama.

Hal ini perlu diperhatikan, bahwa untuk mendapatkan shaf depan tidak boleh memaksakan diri jika sudah penuh. Bila syarat-syarat tersebut dilakukan, pahalanya seperti yang dimaksud.

"Maka orang ini seperti mendapatkan (pahala) ibadah puasa dan sholat selama setahun penuh, dapat pahala orang puasa dan sholat malam setahun penuh," kata Ustaz Adi Hidayat.

Topik
Ustaz Adi HidayatNabi Muhammad SAWmandi junubdaun salamsalat tahajud

Berita Lainnya

Berita

Terbaru