8 Nama Surga dan Penghuninya, Ada 'Rumah' Malaikat Jibril

Nov 15, 2021 12:02
Ilustrasi (Foto: Offsite)
Ilustrasi (Foto: Offsite)

JATIMTIMES - Adanya nama-nama surga tentu perlu diyakini oleh seluruh umat muslim sebagai balasanNya atas amal shaleh yang dilakukan di dunia. Keberadaan pintu surga pun termaktub dalam surat Az Zumar ayat 73,

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Artinya: "Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya."

Surga sendiri diketahui memiliki banyak lapisan dan bertingkat. Tiap tingkatannya memiliki pintu dan namanya masing-masing. 

Nama-nama surga tersebut diambil dari sifat yang dimiliki masing-masing pintu surga seperti yang dilansir melalui buku Surga yang Allah Janjikan karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah.

"Nama-nama itu berbeda dilihat dari sifat-sifat surga yang berbeda antara yang satu dengan yang lain," tulis Ibnul Qayyim al-Jauziyyah.

Informasi soal tingkatan surga ini dapat dinukil melalui keterangan firmanNya dan hadits Rasulullah SAW. Salah satunya yang menyebut jarak antar tingkatan surga satu dan lainnya sejauh bumi dan langit,

"Surga itu terdiri dari seratus tingkat. Jarak antara yang satu dan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah Surga Firdaus," (HR Abu Sa'id Al Khudri).

Berikut 8 nama-nama surga dan penghuninya sesuai dengan ayat-ayat Alquran dan hadits: 

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus merupakan surga yang diciptakan Allah SWT dari emas. Surga ini juga disebut sebagai surga dengan tingkatan tertinggi. 

Keberadaan Surga Firdaus telah dijelaskan dalam berbagai dalil Alquran. Salah satunya yakni surat Al Kahfi ayat 107 yang berbunyi,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Artinya: "Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal,"

Calon penghuni surga Firdaus ini adalah orang beriman yang khusyu dalam salat, menunaikan zakat, menjagai diri dan menghindari zina, dan senantiasa menaati perintah-perintah Allah SWT.

2. Surga Adn

Selanjutnya ada surga Adn yang diciptakan Allah SWT dari intan putih. Surga ini dihuni oleh orang-orang yang beriman karena kesempurnaan iman dan Islamnya. 

Surga ini juga diperuntukkan bagi orang yang bersabar dalam hidupnya. Firman Allah mengenai surga Adn dapat disimak dalam surat As Shaff ayat 12,

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: "niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga 'Adn. Itulah kemenangan yang agung."

3. Surga Na'im

Selanjutnya adalah surga Na'im atau surga kenikmatan yang disebut tercipta dari perak putih. Calon penghuni surga ini dijelaskan dalam firman Allah SWT surat Luqman ayat 8,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,"

4. Surga Ma'wa

Kata Ma'wa biasa digunakan untuk menunjukkan tempat tinggal. Akar kata Ma'wa yakni awa-ya wi yang artinya menyatu dengan suatu tempat dan menetap di sana. 

Ahli tafsir Atha mengatakan, surga Ma'wa disebut sebagai tempat tinggal Jibril dan para malaikat lainnya. Keberadaan surga Ma'wa ini disebutkan dalam surat An Najm ayat 15,

عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَىٰ

Artinya: "Di dekatnya ada surga tempat tinggal."

Jannatul ma'wa menjadi tempat para hambaNya yang bertakwa, beramal sholeh, menahan hawa nafsu, dan meyakini kebesaran Allah SWT.

5. Surga Darussalam

Surga Darussalam merupakan surga yang diciptakan oleh Allah SAW dari yaqut merah. Adapun penghuninya ialah orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, merenungkan tanda-tanda kebesaranNya, dan orang yang selalu mengakui kebesaran Allah.

Allah berfirman dalam surat Al An'am ayat 127,

۞ لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: "Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan."

6. Surga Darul Muqamah

Nama surga selanjutnya yakni surga  Darul Muqamah. Surga tersebut diciptakan dari permata putih. 

Ciri penghuninya adalah orang yang senantiasa berpegang teguh kepada iman dan Islam dan memperbanyak amal shaleh. Bukti keberadaan surga ini dijelaskan dalam surat Fathir ayat 35,

ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ

Artinya: "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu."

Nama-nama surga darul muqamah menjadi tempat yang ditentukan Allah SWT untuk para ahli syukur.

7. Maqamul Amin

Surga Maqamul Amin diperuntukkan Allah SWT untuk hambaNya yang benar-benar bertakwa. Allah berfirman dalam surat Adh-Dhukhan ayat 51,

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan Allah SWT dari marjan merah dan kuning. Ciri penghuninya ialah orang yang taat menjalankan perintah Allah sebagaimana yang termaktub dalam surat Al Furqan ayat 15,

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءً وَمَصِيرًا

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), "Apakah (azab) seperti itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa sebagai balasan, dan tempat kembali bagi mereka?"

Topik
komunitas cci jemberkenikmatan surgaLTN NU

Berita Lainnya

Berita

Terbaru