Indonesia Bukan Negara Kepulauan Terbanyak, Jauh Dibandingkan Negeri Volvo

Nov 15, 2021 11:22
Kepulauan di Indonesia (Foto: Good News From Indonesia)
Kepulauan di Indonesia (Foto: Good News From Indonesia)

JATIMTIMES - Selama ini banyak yang menilai Indonesia adalah negara dengan jumlah pulau terbanyak. Namun, laman World Atlas menempatkan Indonesia di urutan keenam soal jumlah pulau terbanyak.

Berikut adalah daftar sepuluh  negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, dari nomor sepuluh hingga kesatu.

10. Chile
Jumlah pulau di Chile mencapai 5.000 pulau. Sebagian besar kepulauan di Chile dipenuhi  flora dan fauna.

Hal tersebut menjadikan pulau-pulau di Chile memiliki jenis tumbuhan yang jarang ada di tempat lain. Pulau-pulau di Chili, seperti Chiloé, juga dikenal kaya akan perikanan dan pertanian.

9. Jepang
Seperti Indonesia Jepang adalah negara kepulauan. Negara Matahari Terbit ini terdiri dari 6.852 pulau di Samudera Pasifik. Di antara ribuan pulau itu, ada empat daratan utamanya, yakni Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

8. Filipina
Filipina dan Indonesia masuk gugusan negara di Asia Tenggara lain. Filipina juga masuk dalam 10 besar negara dengan pulau terbanyak di dunia. Filipina tercatat memiliki 7.641 pulau.

7. Australia
Australia dikenal sebagai negara benua karena merupakan benua terkecil. Meskipun secara teknis benua dan tidak dianggap sebagai pulau sendiri, Australia dan daerah sekitarnya terdiri dari sekitar 8.222 pulau di Samudera Pasifik.

6. Indonesia
Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia. Indonesia memiliki sekitar 17.504  pulau.

Ada  lima pulau besar di Indonesia, yakni Kalimantan, Papua, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Dari belasan ribu pulau yang dimiliki, hanya  sekitar 6.000 pulau yang berpenghuni.

5. Amerika Serikat
Amerika Serikat tercatat memiliki 18.617  pulau, termasuk tempat-tempat terkenal seperti Kepulauan Hawaii. Ada pula pulau kecil sepert Atol Johnson dan Wake Island.  

4. Kanada
Kanada memiliki total 52.455  pulau di Samudera Arktik, Pasifik, dan Atlantik. Hal itu juga membuat Kanada menjadi negara dengan pulau yang garis pantainya terpanjang di dunia

3. Finlandia
Republik Finlandia adalah sebuah negara kepulauan Nordik yang terletak di Eropa Utara. Finlandia juga merupakan anggota tetap Uni Eropa dengan banyak pulau di sekitaran wilayah Skandinavia. 

Finlandia memiliki jumlah pulau hinga 178.947 pulau. Kebanyakan pulau di wilayah Finlandia membentang dari pantai barat daya negara itu ke Laut Baltik.

2. Norwegia
Norwegia terkenal dengan ratusan ribu pulaunya. Tercatat negara tersebut memiliki 239.057 pulau. Yang paling terkenal adalah Kepulauan Lofoten yang menghiasi Laut Norwegia di atas Lingkaran Arktik.

1. Swedia
Negara dengan jumlah pulau terbanyak dipegang Swedia. Negara produsen mobil mewah Volvo ini memiliki jumlah pulau hingga 221.831 pulau.

Dari jumlah tersebut, sekitar 24.000 di antaranya terbuka untuk umum melalui kebijakan hak akses publik negara. Dengan hak akses tersebut, memungkinkan siapa saja untuk mendaki melalui hutan dan ladang yang rimbun, dan mencari buah beri atau jamur tanpa meminta pemilik tanah izin selama mereka menunjukkan rasa hormat terhadap lingkungan alam dan milik pribadi.

Topik
Negara dengan pulau terbanyakoperasi semeru tubanPCNU Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru