Musisi Folk asal Malang Iksan Skuter Rilis Album ke-14 Bertajuk Orbit dalam Format Kaset

Oct 30, 2021 18:08
Musisi Folk asal Malang Iksan Skuter. (Foto: Istimewa)
Musisi Folk asal Malang Iksan Skuter. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Di tengah gejolak pandemi Covid-19 yang tak henti-hentinya diperbincangkan, musisi Folk asal Malang yakni Iksan Skuter kembali menunjukkan eksistensinya dalam bermusik dengan meluncurkan album yang ke-14 bertajuk "Orbit".

Album ke-14 bertajuk "Orbit" karya Iksan Skuter ini dirilis dalam format kaset dan bekerja sama dengan tiga label rekaman. Yakni Srawung Records, Barongsai Records dan Rekam Jaya. 

Secara resmi kaset "Orbit" ini akan beredar pada tanggal 31 Oktober 2021 yang dibanderol harga Rp 50 ribu dengan tempat penjualan perdana di Toko Rekam Jaya yang berlokasi di Jalan Simpang Candi Panggung nomor 123a, Kota Malang. 

Sebuah harga yang tepat untuk sebuah karya yang dibuat dengan perasaan, pergolakan pemikiran dan kerja keras untuk menghasilkan sebuah nada berirama yang penuh makna. 

Di mana, salah satu bentuk dukungan nyata terhadap pergerakan musisi yakni dengan membeli produk-produk yang dikeluarkan, seperti kaset, CD (compact disc), vinyl (piringan hitam), tshirt, buku dan lain-lainnya.

Sebelumnya, album "Orbit" Ini sempat dirilis dalam format digital disertai dengan pertunjukan konser launching virtual yang diselenggarakan Srawung Records pada tanggal 21 Januari 2021 lalu. 

Semua materi musik di Album "Orbit" ditulis dan direkam oleh Iksan Skuter di studio Srawung Records, Malang. Rizqtsani bertindak selaku sound engineer dan Luluk Andriadi bertindak untuk membuat ilustrasi sampul album "Orbit". 

Ilustrasi kaset Iksan Skuter - Orbit.

Seluruh proses produksi Album "Orbit" dikerjakan ketika pandemi Covid-19 gelombang pertama yang melanda Indonesia sejak Bulan Maret 2020.

Lebih lanjut, seperti pada tema-tema album sebelumnya, Album "Orbit" juga berisi kegelisahan yang dirasakan oleh Iksan Skuter. Kali ini, Iksan Skuter menuangkan kegelisahan pribadi dan lingkungan sosial di sekitarnya selama masa pandemi Covid-19. 

"Temanya memang tidak jauh dari kegelisahan pas pandemi, bukan yang aku rasain saja, tapi juga kegelisahan teman-teman aku masukin ke album ini," ungkap Iksan Skuter dalam pers rilis yang diterima JatimTIMES.com, Sabtu (30/10/2021).

Dirinya mengungkapkan jika deretan 10 lagu yang bertengger dalam Album "Orbit" ini menceritakan soal sulitnya hidup di masa pandemi Covid-19. Contohnya di lagu "Carpe Diem" yang mengajak pendengar untuk tetap berjuang dan bertarung mengalahkan tantangan yang dihadapi pada setiap hari di masa pagebluk.
 
"Di lagu itu, intinya kita tahu kalau kondisi hari ini sedang susah, tapi kita harus tetap mengalahkan yang kita lewati dengan sesuatu yang sedang kita perjuangkan pada konteks masing-masing," ujar Iksan Skuter.

"Lagu tersebut bicara soal 'ayo kita tetap harus bertarung, kita gak bisa mundur, kita harus kalahkan hari ini!" imbuhnya. 

Kondisi yang membuat Iksan Skuter akhirnya "menganggur" ini malah membuat dirinya memiliki banyak waktu luang dan dapat dengan fokus menghasilkan karya-karya fenomenal. 

Faktanya, sepanjang pandemi Covid-19 pun Iksan Skuter masih bisa terus menulis dan merekam musik, bikin album baru, produksi aneka jenis video, kolaborasi di sana-sini, bahkan sanggup manggung dan tur lewat berbagai medium yang ada.     
 
"Malah album ke-15 baru saja selesai aku rekam kemarin, maaf ya kalau kecepetan!" ucap Iksan Skuter sembari tertawa lalu menyeruput gelas kopinya ketika nongkrong di Toko Rekam Jaya, sepekan lalu.

"Dalam waktu dekat aku rilis album lagi. Trus masih ada lagi beberapa agenda ke depan. Ya mumpung nganggur, haha," imbuh Iksan Skuter. 

Nantinya, saat di edarkan secara resmi dan perdana di Toko Rekam Jaya pada tanggal 31 Oktober 2021, Iksan Skuter akan manggung di Toko Rekam Jaya dalam rangkaian acara TV and Friends, bersama penampil lainnya yakni Christabel Annora.
 
Sementara itu, kedepan Album "Orbit" juga akan dirilis melalui kanal Bandcamp disusul dengan edisi merchandise spesial yang akan diproduksi oleh Rekam Jaya.

Kabarnya beberapa diskografi lawas dan stok materi musik Iksan Skuter lainnya kemungkinan besar juga bakal dirilis kembali dalam berbagai format, baik fisik maupun digital.

Topik
album orbit iksan skutersdn 1 karangmalangmusisi Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru