Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Cara Menggunakan 2 Nomor WhatsApp di 1 HP

Penulis : Desi Kris - Editor : Lazuardi Firdaus

27 - Oct - 2021, 16:20

WhatsApp (Foto: cekip.site)
WhatsApp (Foto: cekip.site)

JATIMTIMES - Pengguna aplikasi WhatsApp sering membutuhkan lebih dari 1 nomor untuk memisahkan nomor pribadi dan nomor pekerjaan. Mereka melakukan hal itu biasanya dengan menggunakan 2 HP. 

Namun saat ini pengguna bisa menggunakan 2 nomor WhatsApp hanya dengan 1 HP. Penggunaan 2 nomor atau 2 akun WhatsApp dalam 1 HP bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Mulai dari pemanfaatan fitur dari WhatsApp hingga penggunaan aplikasi pihak ketiga. Setiap metode yang digunakan untuk menggunakan 2 nomor dalam 1 HP tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut beberapa cara untuk menggunakan 2 nomor WhatsApp dengan 1 HP:

WhatsApp Business

Cara pertama dan paling sederhana untuk menggunakan 2 nomor WhatsApp dalam 1 HP yakni dengan memakai WhatsApp Business. Penggunaan WhatsApp Business adalah cara paling aman untuk pengguna Android maupun iOS yang ingin menggunakan 2 nomor di ponselnya.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi WhatsApp di Google Play Store atau App Store, lalu mendaftarkan akun seperti biasa. Aplikasi WhatsApp Business dikembangkan sendiri oleh WhatsApp dan sebenarnya ditujukan untuk pelaku bisnis.

Sejumlah fitur dalam WhatsApp Business ini bisa menunjang operasional pelaku bisnis, seperti fitur jawab otomatis yang bisa disesuaikan dengan jam operasional.

Aplikasi Parallel Space

Sejumlah merek ponsel Android ternyata dibekali dengan aplikasi bawaan yang memungkinkan mereka untuk membuat sebuah 'ruang paralel' untuk menjalankan aplikasi. Aplikasi itu memiliki beberapa nama seperti Parallel Space, Dual Apps, App Cloner, dan lain-lain.

Melansir melalui Business Insider, berikut daftar merek ponsel beserta nama aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat 'ruang paralel':

- Samsung: Dual Messenger
- Xiaomi: Dual Apps
- Oppo: Clone Apps
- Vivo: App Clone
- Asus: Twin Apps
- Huawei: App Twin
- Honor: App Twin

Jika ponsel pengguna tidak ada dalam daftar di atas, pengguna bisa mengunduh aplikasi Parallel Space dari Google Play Store. Aplikasi tersebut menggunakan metode klonik atau duplikasi WhatsApp sehingga pengguna bisa menggunakan 2 aplikasi WhatsApp di 1 ponsel.

Selain WhatsApp, pengguna juga bisa melakukan kloning pada aplikasi media sosial lain loh. 

Fitur Multi-Device

Fitur baru dari Whatsapp juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan 1 nomor pada beberapa perangkat baik itu aplikasi WhatsApp di ponsel, WhatsApp Desktop, maupun WhatsApp Web.

Fitur yang masih dalam status Beta ini juga dapat digunakan untuk menggunakan 2 nomor di dalam 1 ponsel. Metode ini melibatkan penggunaan aplikasi peramban yang ada di ponsel seperti Google Chrome ataupun aplikasi peramban bawaan.

Namun cara ini baru bisa dilakukan jika pengguna sudah melakukan log in akun WhatsApp di ponsel lain. Dan akun tersebut harus bergabung pada program Beta untuk fitur multi-device.

Berikut cara menggunakan 2 nomor di 1 HP dengan fitur multi-device:

1. Buka web.whatsapp.com di browser ponsel milik pengguna
2. Pilih ikon titik 3 di pojok kanan atas lalu pilih 'Desktop site'
3. Buka aplikasi Whatsapp ada di ponsel kedua
4. Pilih ikon titik 3 lalu pilih 'Linked devices'
5. Pilih 'Link a Device' untuk mendaftarkan perangkat
6. Gunakan Fingerprint, Face Recognition, atau PIN untuk verifikasi
7. Arahkan kamera ponsel kedua ke layar ponsel kedua untuk memindai QR Code
8. Pengguna sudah bisa menggunakan akun WhatsApp kedua Anda di ponsel


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Lazuardi Firdaus