Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sinergi Dosen dan Mahasiswa UM Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Terindeks Berbasis Zotero

Penulis : Desi Kris - Editor : Heryanto

27 - Oct - 2021, 13:38

Dosen dan Mahasiswa UM Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Terindeks Berbasis Zotero (Foto: Dok Istimewa)
Dosen dan Mahasiswa UM Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Terindeks Berbasis Zotero (Foto: Dok Istimewa)

JATIMTIMES - Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat tim Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). 

Tim yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang ini berhasil menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan judul 'Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Terindeks dengan Zotero untuk  Guru SMP Negeri 15 Malang.'

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan Selasa (26/10/2021) yang diikuti oleh 49 guru SMP Negeri 15 Malang dan berlangsung sukses. Kegiatan PkM dimulai dengan pembukaan oleh Kepala SMP Negeri 15 Malang yang diwakili oleh Dra. Dillah Susilowati dan Ketua PkM Dr. Didin Widyartono, S.S., S.Pd., M.Pd. 

Pada acara pembukaan, Dillah menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar Universitas Negeri Malang, khususnya Jurusan Sastra Indonesia yang sudah bekerjasama dengan SMP Negeri 15 untuk melaksanakan pendampingan penulisan artikel jurnal terindeks dengan zotero untuk  guru SMP Negeri 15 Malang. 

Dosen dan Mahasiswa UM Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Terindeks Berbasis Zotero

Sementara, Didin menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan penulisan artikel jurnal terindeks dengan zotero penting bagi guru dan  merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan jenjang karier guru.
 
Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi. Materi pertama disampaikan Dr. Taufik Dermawan, M.Pd. tentang penulisan karya ilmiah dan materi kedua disampaikan oleh Dr. Didin Widyartono, S.S., S.Pd., M.Pd tentang penulisan artikel jurnal terindeks berbasis aplikasi zotero, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. 

Setelah sesi tanya jawab, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan menyusun draf artikel oleh tim PkM Jurusan Sastra Indonesia UM yang terdiri atas Dr. Didin Widyartono, S.S., S.Pd., M.Pd., Dr. Taufik Dermawan, M.Pd., Kusubakti Andayani, M.Pd., Dr. Dwi Sulistyorini, M.Pd., dan Helmi Muzaki, M.Pd serta dibantu 2 mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UM yakni Nova Shufia S.Pd. Shella Aulia R, S.Pd. 

Dosen dan Mahasiswa UM Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Terindeks Berbasis Zotero2

Hasil kegiatan yakni berupa draf pendampingan penulisan artikel jurnal terindeks dengan aplikasi Zotero yang sengajar dipilih berdasarkan kebutuhan guru dan kesederhanaan fitur aplikasi. Kegiatan ini rencananya akan ditindaklanjuti secara luring dan daring untuk menyempurnakan draf artikel yang selanjutnya akan dikirim ke jurnal terindeks yang berbasis Online Journal System (OJS). 


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Heryanto