Rute Kereta Gantung Kota Batu Sudah Dipersiapkan, Ini Rinciannya

Oct 24, 2021 16:20
Kereta gantung di Indonesia terletak di Pulau Kumala, Kalimantan Timur. (Foto: Seindotravel.com).
Kereta gantung di Indonesia terletak di Pulau Kumala, Kalimantan Timur. (Foto: Seindotravel.com).

JATIMTIMES - Megaproyek kereta gantung rencananya akan segera melintas di langit Kota Batu. Setidaknya, jalur terpendek yang akan dilalui sepanjang 3,5 kilometer dan jalur terpanjang bisa sampai 15 kilometer.

General Manager Pengembangan PT INKA, Junaidi mengatakan, ada beberapa alternatif rute kereta gantung nantinya di Kota Batu. Setidaknya, ada dua rute alternatif yang sudah disiapkan dan dimatangkan untuk saat ini.

“Untuk sementara waktu sudah ada beberapa alternatif jalur kereta gantung yang kami siapkan,” kata Junaidi.

Menur Junaidi, ada dua rute yang disiapkan yakni, lor brantas dan kidul brantas. Rinciannya, untuk rute kidul brantas yakni melintasi kawasan dimulai dari Sengkaling, Jawa Timur Park 3, Gangsiran Puthuk, Jawa Timur Park 2, Kusuma Agrowisata, Gunung Seruk, Pos Pendakian Gunung Panderman, dan berakhir di Gunung Punuk Sapi.

Kemudian untuk rute lor brantas melintasi jalur awal di Selecta, Putuk Gendero, Puncak Kalindra, Coban Talun dan Bukit Jengkoang. Di mana kedua rute antara lor brantas dan kidul brantas ini tidak terhubung.

“Yang mana panjang rutenya paling pendek sekitar 3,5 kilometer, sedangkan untuk rute paling panjang bisa lebih dari 15 kilometer. Namun kembali lagi untuk pembangunan tergantung dari Pemkot Batu. Mau dibangun yang pendek dulu atau yang panjang dulu,” tambah Juanidi.

Terkait anggarannya, proyek kereta gantung itu ditaksir menghabiskan anggaran Rp 300 Miliar hingga Rp 400 Miliar. Di mana 70 persen dari foreign investment dan 30 persennya konsorsium dan masyarakat serta pinjaman bank.

Namun, anggaran tersebut tergantung pada panjang dan pendeknya rute yang nanti akan dipilih. Jika rute panjang bisa menghabiskan lebih dari Rp 1 Triliun.

Topik
Kereta GantungKota BatuHari dokter nasionalberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru