Deretan Buah Surga yang Tercatat di Al-Quran

Oct 24, 2021 08:49
Ilustrasi buah-buahan. (Foto: halodoc).
Ilustrasi buah-buahan. (Foto: halodoc).

JATIMTIMES - Buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam Islam. Sebab, dalam kandungannya terdapat berbagai nutrisi dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Beberapa jenis buah-buahan masuk ke dalam sunnah Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi. Bahkan, memiliki khasiat atau rahasia awet muda Aisyah, istri Nabi Muhammad SAW.

Beberapa buah-buahan ini juga tercatat di dalam Al-Quran, yang disebut sebagai buah dari surga. Apa saja ya?

1. Kurma

Sudah banyak diketahui, jika kurma merupakan salah satu buah dari surga. Mengonsumsi kurma bagian dari salah saty sunnah Nabi Muhammad SAW. Kurma juga disebutkan sebanyak 20 kali dalam Alquran.

Beberapa surat yang menyebutkan kurma diantaranya, surat Maryam, Ar-Rad, Al Baqarah, Qaaf dan Al Hasyr. Kurma merupakan buah yang memiliki banyak khasiat. Kandungan antioksidan berupa flavonoid didalamnya, mampu mengatasi risiko diabetes, kanker dan alzheimer. Makan kurma juga salah satu rahasia sehat Rasulullah SAW.

2. Delima

Buah ini disebutkan tiga kali di dalam Alquran. Seperti, di surat Al-An'am disebutkan buah delima memiliki keterkaitan antara surga dan anugerah Allah kepada hambanya.

Buah dengan khas warna merah ini juga tinggi akan antioksidan flavonoid. Yang mana, efektif menangkal berbagai radikal kanker. Selain itu, mengonsumsi delima juga bisa membantu menjaga keseimbangan kalium dan natrium dalam tubuh.

3. Anggur

Menjadi salah satu buah kuno yang sudah ada sejak zaman Nabi Nuh, buah anggur juga tercatat di dalam Alquran dan disebutkan sebanyak 14 kali.

Salah satu surat yang membahas tentang anggur adalah surat Al-Muminun ayat 19. Khasiat yang terdapat dalam buah anggur yakni, untuk menghidrasi tubuh karena terdapat kandungan mineral di dalamnya.

Selain itu, anggur juga bisa menambah kandungan zat besi. Khasiat lainnya, dapat mengatur sistem pencernaan hingga meningkatkan produksi darah karena tingginya zat besi dan gula.

4. Zaitun

Zaitun menjadi salah satu buah yang kaya akan berbagai manfaat, buah ini juga berkali-kali disebutkan di dalam Alquran. Beberapa surat yang membahas soal buah zaitun antara lain Al-An'am, An-nur, An-nahl, Al Mu'minun dan Abasa.

Buah zaitun inilah yang menjadi rahasia awet muda istri Nabi, Aisyah. Buah zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Nabi Muhammad SAW pun pernah menyarankan istrinya menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain itu, zaitun juga baik untuk masalah persendian dan otot.

5. Tin

Buah ini tak tercatat di dalam Alquran, tapi namanya menjadi nama surat di dalam Alquran yaitu surat At-Tin. Disebut juga buah ara, bisa dimakan segar atau dikeringkan. Rasanya yang manis dan memiliki kandungan air dalam jumlah yang banyak ketika matang menjadikan buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi.

Buah ini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Selain itu, buah tin juga rendah kalori dan kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

6. Pisang

Sering dijumpai dimanapun, pisang mungkin dianggap sebagai buah yang biasa-biasa saja. Padalah, pisang disebut juga sebagai buah surga.

Sama seperti, buah lainnya di atas, buah pisang juga tercatat dalam Al-Qurna, tepatnya di dalam surat Al-Waqiyah. Buah pisang memiliki banyak khasiat, sebab terdapat kandungan karbohidrat, vitamin dan antioksidan yang tinggi.

Topik
jenis jenis buah surgatruth social

Berita Lainnya

Berita

Terbaru