Dedaunan Ini Sering Dimanfaatkan Pembudidaya Gurame Tulungagung sebagai Makanan Tambahan

Oct 14, 2021 20:03
Kangkung dan panen Gurame di Kolam / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Kangkung dan panen Gurame di Kolam / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Kabupaten Tulungagung merupakan daerah yang masyarakatnya banyak membudidayakan Ikan gurame. Permintaan ikan dengan nama latin osphronemus gouramy ini terbilang tinggi sehingga masyarakat yang memiliki lahan mengalihkan fungsi menjadi kolam. 

Selain mengandalkan pelet, agar hasil budidaya gurame maksimal, beberapa jenis dedaunan bisa dijadikan alternatif tambahan makanan

"Yang umum di sini menggunakan daun kangkung," kata Supri, pembudidaya gurame yang tinggal di Sumbergempol ini. 

Menurut Supri, kangkung dapat diberikan langsung atau dengan di potong kecil-kecil. "Kangkung ini kelebihannya tidak meyisakan kotoran. Jadi kolam dalam keadaan tetap tidak dipenuhi material sisa makanan selain kotoran ikan," ujarnya. 

Namun demikian, selain kangkung daun lain yang baik dan banyak ditemukan di Tulungagung adalah talas. Daun Talas atau istilah latinnya Colocasia esculenta ini merupakan sumber pangan yang sangat penting karena selain sumber karbohidrat, protein dan lemak. Talas juga mengandung beberapa unsur mineral dan vitamin sehingga dapat dijadikan bahan obat-obatan.

"Biasanya ini diambil daun, tapi batang yang masih muda jika dicacah juga baik," ungkapnya. 

Bagi Supri, jika pembudidaya punya banyak pohon lain maka bisa juga jadi alternatif makanan gurame. "Misalnya daun pepaya atau kates, kemudian daun singkong ini juga baik dan gurame sangat suka," terang Supri.

Makanan alternatif menurut pengalamannya tidak menambah berat ikan dengan hitungan jumlah pelet yang diberikan. Hanya saja, jika dibiasakan memberi makanan alternatif kondisi ikan gurame akan lebih stabil dan lebih gesit di air daripada yanya makan pelet saja.

Sementara itu, Ali (45) pedagang kangkung yang ditemui ditempat yang sama mengakui permintaan makanan alternatif ikan gurame semakin meningkat seiring waktu.

"Menanamnya juga mudah, cepat panen dan pasti laku. Jika tidak laku di pasar untuk sayur bisa di jual untuk pakan gurame," pungkasnya. 

Topik
Ikan Guramequran massive
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru