Selecta: Dulu dan Kini (2)

Selecta dari Tangan ke Tangan, Kini Dimiliki 1.110 Orang

Oct 13, 2021 10:04
Kolam renang dan water boom Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kolam renang dan water boom Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Selecta didirikan oleh warga Belanda bernama De reyter De Wild pada 1928. Setelahnya, Selecta dikuasai Jepang. Hingga Jepang akhirnya Taman Rekreasi Selecta jatuh ke tangan warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. 
Namun tidak serta-merta warga bisa memiliki taman rekreasi tersebut dengan cuma-cuma. Untuk bisa kembali beroperasi sebagai tempat penginapan, warga tetap melakukan ganti rugi dari warga Belanda tersebut di tahun 1950.
“Tidak mungkin langsung dikuasai serta-merta. Saat itu dibeli kepemilikannya dengan awal luas lahan 18 hektare. Harganya Rp 327.100,” ucap Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi. 
Karena harganya tinggi, wargapun saat itu tidak ada yang memiliki uang sejumlah tersebut. Sehingga muncullah ide kepemilikkan saham yang dimiliki secara bersama-sama atau gotong royong.
Tetapi gotong royong itu diutamakan bagi warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Tulungrejo. Sebagai gantinya untuk harga satu lembar saham dijual seharga Rp 100.
Saat itu ada yang membeli Rp 1.000 atau 10 lembar sampai tertinggi Rp 2.000 atau 20 lembar. Saham milik masyarakat saat ini sudah dimiliki oleh 1.110 orang dengan jumlah 5 ribu lembar saham. 
“Sekarang kalau harga bukunya Rp 400 ribu,” jelas Sujud.
Kepemilikan saham 50 persen dimiliki warga desa tersebut. “Pemegang saham tersebar di Malang Raya, Surabaya, Semarang, Jogjakarta, Jakarta, Bandung, Mataram hingga Sumatera,” ujar Sujud yang juga Ketua Perhimpunan Hotel & Restorant Indonesia (PHRI) Kota Batu.
Tetapi pemilik saham ini dulunya adalah orang Kota Batu. Namun rata-rata kepemilikan saham sudah diahli wariskan. “Generasi pemegang saham awal kebanyakan sudah almarhum,” ucap Sujud.
Berdasarkan data dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), hanya ada dua PT dengan pemegang saham terbesar di Indonesia, yakni PT Selecta dan PT Metro Mini di DKI Jakarta.
Tetapi pemegang saham dari PT Metro Mini mengalami penurunan. Sementara PT Selecta masih tetap eksis dengan pemegang sahamnya yang saat ini mencapai 1.110 orang. (Bersambung)

Topik
Taman Rekreasi SelectaSelecta Batutempat wisata favorit
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru