Harap Bersabar, Event Malang Flower Carnival Kembali Diundur

Oct 11, 2021 11:17
Event Malang Flower Carnival (MFC) pada 2019 lalu. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).
Event Malang Flower Carnival (MFC) pada 2019 lalu. (Foto: Dokumentasi JatimTIMES).

JATIMTIMES - Masyarakat Kota Malang yang tengah menantikan event megah tahunan Malang Flower Carnival (MFC) tampaknya harus bersabar dulu. Pasalnya, event yang direncanakan digelar pada pertengahan bulan ini pada 16-17 Oktober 2021 harus kembali mundur.

Hal itu karena status Kota Malang masih masuk pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 berdasarkan Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 Tahun 2021.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, di masa PPKM Level kegiatan event besar MFC baru bisa digelar jika Kota Malang turun ke level 2. Itu pun, tetap harus dengan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Namun, semua persiapan pagelaran MFC telah dirampungkan. Rencananya, event akan dilaksanakan secara hybrid (gabungan dari virtual dan offline) Stadion Gajayana Kota Malang bagian luar.

“Persiapan sebenarnya sudah, tinggal show saja. Nah, karena kita masih level 3 jadi tidak boleh. Harus ke level 2 dulu baru diperbolehkan dengan syarat, kalau tidak salah 25 persen penonton," ujarnya.

Karena itulah, pagelaran yang rencananya dilangsungkan pertengahan bulan ini harus diundur lagi pada akhir bulan ini, yakni pada tanggal 31 Oktober 2021. Namun, jika pada tanggal tersebut status Kota Malang masih pada PPKM Level 3, maka konsep acara akan dilangsungkan secara virtual saja.

"Rencana kita undur di tanggal 31 Oktober. Kalau masih level 3 maka akan kita laksanakan secara virtual. Ya walaupun, hybrid itu ada virtual ada yang di lokasi, kemudian jumlah kapasitas kita kurangi tidak sesuai dengan perencanaan awal," jelas perempuan yang akrab disapa Dayu ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, MFC tahun 2021 ini mengusung tema 'Great Garudheya', yang berarti Garuda Perkasa terinspirasi dari Arca Garudheya yang ada di relief Candi Kidal Malang. Sekaligus sebagai nilai kearifan lokal, dan lambang negara Garuda Pancasila, dan untuk merayakan satu dasawarsa (10 tahun) MFC.

Gelaran parade tema bunga terbesar di Indonesia yang masuk dalam Ajang Planet Tourism Campaign Award 2021 tersebut mengalami beberapa kali penundaan. Sebelumnya, event yang masuk 10 besar dalam Kalender Event Nusantara (KEN) itu dijadwalkan dilangsungkan pada bulan September 2021 lalu, namun harus ditunda karena situasi PPKM Level.

Topik
Malang Flower CarnivalKota Malangbondowoso masuk level 3sinopsis ikatan cinta 11 oktoberBerita MalangBerita Jatim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru