Gambarkan Kondisi Anak Muda Masa Kini, Kos Atos Luncurkan Single Bertajuk Santai Saja

Oct 08, 2021 08:20
Para personel Kos Atos dengan tampilan yang lebih fresh. (Foto: Dok. Kos Atos)
Para personel Kos Atos dengan tampilan yang lebih fresh. (Foto: Dok. Kos Atos)

JATIMTIMES - Sambut Bulan Oktober, sekumpulan anak muda berbakat dari sudut Kota Malang yang mengusung genre pop alternatif dengan formula instrumen keroncong yakni Kos Atos kembali luncurkan sebuah single bertajuk "Santai Saja". 

Sebuah single keempat di tahun 2021 ini merupakan jalan pembuka untuk menuju peluncuran album penuh keempat yang akan segera dirilis Kos Atos dalam waktu dekat. 

Kos Atos, grup band yang lahir dari rahim Program Studi Seni Tari dan Musik Universitas Negeri Malang ini diperkuat Mukti Irianto (vokal), Vigil Kristologus (perkusi), Fajar Sandy (gitar), Michelle Brily (cello), Eka Catra (cak), Krisna Satria (cuk), Rizky Ramadhani (biola, pianika) dan Risandy Eka Nugraha (bass). 

Menurut Kos Atos, single "Santai Saja" memiliki ragam makna. Jika dilihat dari segi bahasa "Santai Saja" dapat bermakna 'bebas'. Di mana bebas disini juga memiliki artian luas, mulai dari bebas dari ketegangan, tekanan dan semacamnya. 

Namun, jika dilihat dari segi istilah, "Santai Saja" juga memiliki arti luas yang di mana anak muda masa kini sering menggunakan kata ini di obrolan-obrolan tongkrongan dan lewat chat di media sosial yang tujuannya pun beragam. 

Antara untuk menunjukkan rasa percaya diri yang terlampau tinggi atau hanya untuk menutupi kekurangan diri. Diikuti dengan rebahan dan nge-tweet sana-sini.

Lagu yang ditulis oleh Vigil Kristologus ini mempunyai format baru dari segi pembawaan lagu pada Kos Atos sebelumnya. Formula baru tersebut terdapat pada vokal yang mengkombinasikan dengan teknik 'Rap' yang merupakan bagian dari aliran musik Hip-Hop diisi oleh Michelle Brilly.

Dengan sentuhan khas vokal pop ala Mukti Irianto seperti biasanya yang kerap kali membahana, serta penambahan kombinasi alat musik keroncong dan penambahan pattern pop-punk yang sangat terasa sepanjang lagu ini.

Selain mengangkat hal-hal baru pada musiknya, Kos Atos sebenarnya membawa pesan lain pada lagu "Santai Saja" kali ini, yaitu bagaimana soal melestarikan musik keroncong dengan cara yang fresh, lewat lirik atau tema lagu, musikalitas hingga visual ala keroncong tempo cepat yang disajikan oleh Kos Atos pada lagu ini.

Kos Atos sendiri memiliki misi untuk selalu hadir di segala kondisi, segala medan, mulai dari kondisi senang, sedih, bahagia dan terluka, Kos Atos ingin menjadi obat untuk segala kondisi Teman Kos (Fanbase Kos Atos) di manapun berada.
 

"Kita ingin ada dimana saja, disituasi apapun, bahkan menyerobot masuk pada hal-hal diluar musik keroncong yang dulunya dianggap musik tua itu," ungkap Brily. 

Ern dan Icam yang merupakan sepasangan talent didalam Music Video Santai Saja dari Kos Atos.

Sementara itu, untuk produksi racikan audio "Santai Saja" para personel Kos Atos kembali mempercayai Eka Catra yang ditunjuk sebagai nahkoda dalam produksi lagu ini, dibawah label Creatorikos Studio. Mulai dari proses recording, mixing hingga mastering. 

Di mana dalam produksinya juga mengajak pianis asal Kediri yakni Glorian untuk mengisi beberapa bagian dalam lagu "Santai Saja".

Lebih lanjut, peluncuran single ini juga dibarengi dengan diluncurkannya Music Video "Santai Saja" yang sudah mengudara dan dapat disaksikan di Youtube Channel Kos Atos Official. 

Dalam proses produksinya, Kos Atos mengerjakan pra hingga produksi single ini secara mandiri dengan mengambil set visual di gedung UKM STK-AK UM (Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Tari Karawitan Asri Kusuma Universitas Negeri Malang) dan mengajak Ern Myra dan Icam Krigor sebagai sepasang talent dalam penggarapan Music Video "Santai Saja".

Di mana dalam music Video tersebut digambarkan Ern dan Icam berperan sebagai dua orang yang bekerja dalam satu tim produksi. Dari situ membuat mereka harus sering berinteraksi satu sama lain dalam satu waktu. 

"Hal itu juga yang membuat mereka berdua akhirnya mengalami yang namanya jatuh cinta dan dari situ mereka justru semakin kompak dan santai dalam bekerja," ucap Risandy bassis Kos Atos dan juga sebagai Co Director dari pembuatan Music Video ini. 

Untuk produksi Music Video "Santai Saja" ini, Kos Atos bekerjasama dengan beberapa vendor dari Malang dan Pasuruan, yang merupakan teman tongkrongan dan vendor produksi. 

"Kami mengajak Ryan dari Max Production, Bagus atau Ndog dari Backstage Malang, serta Zulfan dari Triple Seven untuk meramu visual dari anak baru bernama 'Santai Saja' ini," pungkas Vigil.

Sebagai informasi, Kos Atos telah menelurkan beberapa karya sejak kemunculannya pada tahun 2014. Diantaranya album Luta (2016), single Selagi Ada (2017), album Esok Lagi (2018), album Local Heroes (2019), single Harapan (2019), single Keroncongkan Sekitarmu (2021), single Hingga Ujung Mentari (2021) dan terbaru single Kami Cinta Indonesia (2021).

Topik
kos atosKota Malangband indie malangBerita MalangBerita JatimMusik Indonesiadunia musik
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru