Mengungkap Makna di Balik Kostum Unik Penjaga Serial Drama Korea Squid Game

Oct 05, 2021 08:23
Kostum staf permainan bertahan serial Drama Korea Squid Game. (Foto: Twitter @NetflixKR).
Kostum staf permainan bertahan serial Drama Korea Squid Game. (Foto: Twitter @NetflixKR).

JATIMTIMES - Serial drama Korea Squid Game masih menjadi perbincangan hangat. Bahkan, series pendek yang hanya 9 episode ini menempati  posisi kedua serial Netflix populer di seluruh dunia.

Drama ini menceritakan beberapa permainan anak-anak yang kemudian dimainkan orang dewasa. Peserta yang kalah dalam permainan akan dieliminasi dan dibunuh. 

Jalan cerita ini cukup membuat tegang bagi yang menontonnya. Sebab, peserta bersaing meski dengan teman sendiri untuk memenangkan enam babak permainan dan mendapat uang senilai 45,6 miliar won.

Tapi, di samping alur cerita yang menegangkan, salah satu hal yang tak kalah menjadi sorotan para penonton serial Squid Game ini adalah kostum atau seragam yang dikenakan staf atau penjaga permainan.

Dalam serial tersebut, staf permainan tampak mengenakan seragam berwarna hot pink yang ditutupi sebuah topeng dengan simbol khusus seperti persegi, segitiga, dan lingkaran.

Kostum ini terbilang unik. Apalagi seolah logo-logo yang menjadi topeng mereka memiliki makna khusus. Lantas, apa yang menjadikan arti di balik pemilihan kostum tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, dalam wawancara dengan Netflix Korea, sutradara Squid Game Hwang Dong Hyuk mengungkapkan makna tersembunyi di balik kostum staf permainan bertahan hidup ini. Ia mengaku ingin membuat kesan staf permainan bak koloni semut. Karena itu, seragam dibuat dengan model jump suit warna hot pink yang senada.

“Awalnya aku ingin pakaian mereka mirip seragam pramuka. Tapi itu menunjukkan (kesan) pria yang terlalu baik. Itu tidak membuat mereka seperti semut dalam koloni semut. Mereka harus menutupi seluruh tubuhnya. Dan pilihan terbaik untuk merahasiakannya adalah dengan jumpsuit dan hoodie karena mereka perlu menutupi wajahnya,” jelas Dong Hyuk.

Selain model pakaiannya, Dong Hyuk juga mengungkap alasan memilih warna hot pink untuk kostum staf permainan bertahan hidup. Hal ini agar mereka tak terlihat terlalu mencekam. Padahal, sebagian besar tugas para penjaga ini adalah menembak pemain yang gagal dalam games.

Warna mencolok ini juga dinilai sedikit ‘kekanak-kanakan’. Mengingat, semua permainan yang dimainkan dalam Squid Games menceritakan masa lalu anak-anak. "Kami buat warnanya (terlihat) sangat kekanak-kanakan sehingga tak terasa mencekam atau menakutkan,” kata Dong Hyuk.

Nah, selain kostum, topeng mereka dengan logo berbeda seperti persegi, segitiga, dan lingkaran ini juga dibuat khusus. Art director Squid Game Chae Kyung Sun menceritakan, sebelum terpilih ketiga logo tersebut, dirinya dan sutradara sempat membiat berbagai desain topeng berbeda, termasuk topeng yang menyerupai kepala binatang.

Namun, dengan segala pertimbangan, akhirnya pemilihan topeng jatuh kepada topeng hitam yang mirip dengan Hahoe-Tal (topeng tradisional Korea) dan topeng anggar.

Pemilihan ini dilakukan karena topeng haruslah yang mudah dipakai dan dipastikan pemain yang memainkan sebagai penjaga ini dapat memiliki pandangan yang baik meski mengenakan topeng.

"Itu harus menggambarkan kelas mereka. Jadi, aku terinspirasi oleh Hahoe-tal dan topeng anggar. Dalam prosesnya, kami menambahkan garis di atasnya dan itu membuatnya terlihat seperti wajah semut. Selain itu, sutradara meminta saya membuatnya jadi bisa dilipat. Ternyata itu menjadi lebih menarik. Itu menambahkan detail seperti mulut semut," ungkap Chae Kyung Sun.

Lantas, adakah makna khusus dalam simbol topeng penjaga Squid Game? Sutradara Hwang Dong Hyuk kembali menyatakan,  simbol-simbol yang dipakai di topeng staf permainan bertahan hidup memiliki arti tersendiri. Hal itu terinspirasi dari kelas masyarakat yang membaginya dalam tiga kelas, yakni segitiga, lingkaran, dan persegi.

Simbol lingkaran diartikan sebagai pekerja, simbol segitiga berarti tentara, dan simbol persegi berarti manajer. Setiap kelas memiliki tanggung jawab yang berbeda, lagi-lagi layaknya koloni semut.

Topik
Drama Korea Squid GameSquid GameHUT Ke 76 TNI
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru