Kisah Rita Gaviola, Dulu Seorang Pengemis yang Kini Jadi Superstar

Sep 28, 2021 15:05
Rita Gaviola (Foto:instagram @itsritagaviola)
Rita Gaviola (Foto:instagram @itsritagaviola)

JATIMTIMES - Nama Rita Gaviola mungkin terdengar asing di Indonesia, namun tidak di Filipina. Parasnya yang cantik dengan postur bak model kini malang melintang di dunia hiburan Filipina.

Namun, siapa sangka, di balik parasnya yang rupawan, Rita dulunya adalah seorang pengemis di sebuah sudut jalanan di Kota Lucban, Filipina. Kehidupan Rita berubah drastis tatkala fotonya saat mengemis diunggah di sebuah media sosial.

Foto Rita itu pun langsung viral dan menjadi perbincangan rakyat Filipina. Rita yang terlahir dari keluarga pemulung ini pun mulai mangalami perubahan hidup.

Kala itu, tahun 2016 saat ia masih berusia 13 tahun. Hampir setiap hari, Rita harus mencari sesuap nasi dengan meminta-minta di jalanan.

Tidak seperti anak sebayanya yang mengenyam bangku sekolah, Rita justru harus memenuhi tuntutan ekonomi dengan mengemis. Sang ibu hanyalah seorang ibu rumah tangga.

Ia diketahui memiliki 5 saudara, dan kehidupan mereka memang di bawah garis kemiskinan hingga itu yang membuatnya harus jadi pengemis.

Rita

Dalam balutan kaos lusuh dan sebuah wadah di tangan, Rita mengharap belas kasihan dari orang yang lalu lalang. Namun, hidupnya berubah ketika sebuah foto yang menunjukkan dirinya mengemis diunggah.

Sejak unggahan foto itu kini dirinya bekerja sebagai model di beberapa merek fashion ternama. Tak cukup sampai di situ saja, ia juga membintangi beberapa acara reality show di negaranya.

Ketika sedang meminta-minta di salah satu sudut jalan kota tempat ia tinggal, ada seorang fotografer yang mengetahui keberadaannya. Topher Quinto Burgos, adalah fotografer profesional di Filipina, dan saat melihat Rita ia langsung mengabadikan gadis remaja itu dalam sebuah jepretan.

Dari jepretan natural saat Rita sedang berdiri di pinggir jalan itu, kini menjadikannya salah satu artis di negaranya. Dengan potret apa adanya dan diunggah di media sosial, Rita menuai banyak pujian.

Banyak orang-orang yang memuji kecantikan alaminya. Seorang anggota etnis minoritas Badjao, ia dijuluki "Badjao Girl" dan menarik perhatian beberapa ratu kecantikan Filipina. 

Merkea bahkan melakukan yang terbaik untuk membantu gadis itu merangkak keluar dari kemiskinan. Selebriti seperti Miss World Philippines 2015 Hillarie Danielle Parungao, Miss International Philippines 2014 Bianca Guidotti, dan Miss Earth 2015 Angelia Ong semua turun ke media sosial untuk memuji bentuk tubuh seperti model Rita dan fitur wajah yang mencolok.

Sebelum ia menyadarinya, Rita sempat melakukan wawancara, menjadi model untuk berbagai merek. Ia juga pernah mendapatkan peran kecil dalam serial TV, dan menjadi salah satu orang termuda yang menghadiri Big reality show internasional.

Semua hype di sekitar Badjao Girl juga membantunya membangun audiens online, termasuk penggemar dari luar negeri, beberapa di antaranya membantu keluarganya secara finansial. Kemudian, pada tahun 2018, Rita Gaviola mengunggah video YouTube yang memperlihatkan rumah baru keluarganya dan berterima kasih kepada Grace Kreutzer, seorang penggemar setia AS yang dilaporkan mensponsori pembangunan rumah baru tersebut.

Meski kepopularitasan telah mereda dalam beberapa tahun terakhir, ia tetap sangat populer di media sosial Filipina, khususnya Instagram. Saat ini dilaporkan ia masih menjadi model dari waktu ke waktu. 

Namun, Rita mengaku kini lebih memprioritaskan pendidikannya.

Topik
mantan pengemisdunia hiburanfilipinaPengemismantan pengemis
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru