Minum Kopi Dicampur Madu Diklaim Lebih Sehat, Ini Manfaatnya

Sep 27, 2021 08:58
Ilustrasi (Foto: Times of India)
Ilustrasi (Foto: Times of India)

JATIMTIMES - Tidak bisa dipungkiri bahwa kopi merupakan minuman paling populer di dunia. Saat ini terdapat lebih dari 400 miliar cangkir kopi yang dikonsumsi setiap tahun. Angka tersebut membuktikan bahwa kopi sangat disukai banyak orang. 

Tak cuma sebagai minuman. Kopi bahkan saat ini juga dijadikan campuran dalam kue, aneka dessert, dan camilan. Varian olahan kopi juga semakin banyak dan menjadi tren di masyarakat.

Dan,  banyak cara untuk menikmati kopi. Salah satunya dicampur madu yang diklaim lebih menyehatkan.

Dilansir melalui Roasty Coffee, kopi yang dicampur madu juga menjadi salah satu olahan populer. Madu yang dijadikan campuran pada kopi bukan hanya membuat rasa manis tapi juga memberi efek menyehatkan.

Berikut beberapa fakta dan manfaat dari kopi yang dicampur madu:

1. Lebih tinggi kalori

Kopi original atau kopi hitam sudah lama dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan. Kandungan kafein pada kopi mampu membuat orang lebih fokus, tubuh lebih berstamina, serta jika dikonsumsi rutin akan memberikan manfaat untuk kesehatan jantung.

Namun beberapa orang tidak bisa minum kopi hitam karena rasanya terlalu strong. Solusinya yakni menambahkan pemanis seperti gula. 

Namun saat ini banyak yang beralih dari gula menjadi madu karena diklaim lebih menyehatkan. Menambahkan madu ke kopi akan meningkatkan jumlah kalori. 

Tapi jangan khawatir, karena ada banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam madu. Asalkan dikonsumsi sesuai porsi dan tidak berlebihan, maka kopi campur madu akan jadi minuman sehat.

2. Lebih sehat gula atau madu?

Madu memiliki lebih banyak kalori daripada gula. Madu juga memengaruhi gula darah dengan cara yang sama seperti gula pada umumnya. 

Satu sendok teh madu memiliki sekitar 21 kalori. Sementara gula putih hanya memiliki sekitar 12 kalori. 

Namun saat berbicara soal manfaat kesehatan, kita tidak bisa hanya melihat kalori.  Meskipun kandungan kalorinya lebih tinggi, madu juga turut memberi stamina dan energi.

3. Madu bersifat anti-bakteri

Madu bersifat ant- bakteri yang membantu  melawan gejala alergi musiman seperti pilek, flu, sakit tenggorokan atau sakit kepala. Jadi, minum kopi campur madu dapat menjadi solusi untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan bakteri.

Dengan madu, kita juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Apalagi madu punya rasa manis yang khas sehingga akan membuat kopi lebih terasa nikmat diminum hangat saat pagi hari.

4. Kopi dan madu tinggi antioksidan

Antioksidan membantu mengurangi jumlah sel rusak dalam tubuh. Terlalu banyak sel yang rusak, dapat menyebabkan efek negatif jangka panjang pada tubuh.

Baik kopi maupun madu, keduanya sama-sama memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga jika dipadukan akan menjadi minuman sehat kaya antioksidan. Antioksidan juga mencegah paparan radikal bebas yang membuat penuaan dini.

5. Madu mengandung vitamin dan mineral

Secara alami, madu juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Madu mengandung vitamin C dan kalsium yang tidak bisa didapatkan dari sumber pemanis lainnya.

Untuk membuat secangkir kopi madu, kamu bisa menambahkan 1 atau 2 sendok teh madu. Nikmati kopi dalam keadaan hangat dan rasakan manis serta manfaat sehatnya. 

Topik
Kopi madu lebih menyehatkanmanfaat kopimanfaat maduOscas Indonesia
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru