Cara Melipat Sajadah yang Benar agar Tetap Terjaga Kebersihan dan Kesuciannya

Sep 23, 2021 08:42
Sajadah (Foto: Decorindo Perkasa)
Sajadah (Foto: Decorindo Perkasa)

JATIMTIMES - Sajadah menjadi salah 1 kebutuhan untuk melakukan ibadah salat. Sajadah, terbuat dari kain yang biasanya memiliki motif bernuansa Islam. 

Sajadah akan digunakan sebagai alas untuk menjaga agar tetap terjaga kebersihan saat melaksanakan salat. Sajadah statusnya bisa dikatakan suci jika memenuhi syarat sebagai berikut:

- Tidak bertempel dengan kotoran, hewan dan benda yang najis.
- Jika najisnya ainiyah (ainiyah: adalah sebuah nama hukum yang ada dalam keabsahan bersuci dengan Indra penglihatan) maka ditinjau dari banyak sedikitnya dan yakin tidaknya. 

Namun, siapa sangka cara melipat sajadah setelah salat ternyata memiliki metode tersendiri. Sebagian besar dari kita melipat sajadah asal saja yang penting terlihat rapi dalam kondisi terlipat. Padahal dalam kondisi itu, sajadah justru bisa kotor dan mungkin bisa menjadi tidak dalam kondisi suci.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Turmudzi dan Baihaqy,

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya : ”Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. (HR. At- Turmudzi)

اَلاِسْلاَمُ نَظِيْفٌ فَتَنَظَّفُوْافَاِنَّهُ لاَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ اِلاَّ نَظِيْفٌ

Artinya : ”Agama Islam itu adalah agama yang bersih atau suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang suci”. (HR. Baihaqiy)

Dari hadist itu, kita bisa mengambil hikmah jika Allah SWT menyukai kebersihan dan agama Islam adalah agama yang bersih dan suci sehingga sebagai umat Islam kita wajib untuk menjaga kebersihan dan kesucian. Alangkah nyaman dan tenang bila diri kita selalu dalam keadaan dan berada di lingkungan yang bersih dan suci.

sajadah

Lantas bagaimana cara melipat sajadah yang benar dan tetap terjaga kebersihan serta kesuciannya? Berikut langkah-langkahnya

1. Sajadah dalam kondisi siap dilipat.
2. Untuk mengurangi kontak sajadah di bagian kaki ke sajadah bagian kepala, silakan lipat memanjang agar sajadah di bekas telapak kaki tidak bertemu/menyatu dengan tempat sujud. 

Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kuman, virus atau bakteri di kaki yang akhirnya menempel di tempat sujud. Sehingga jika selama ini kita melipat sajadah dengan cara lipatan memendek khawatir akan menempelkan bekas telapak kaki dengan tempat sujud.

Topik
cara melipat sajadahfedik abdul rantam
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru