5 Makanan Favorit Aisyah Istri Rasulullah yang Membuatnya Punya Tubuh Ideal dan Cantik 

Sep 21, 2021 08:55
Ilustrasi (Foto: Raw Energico)
Ilustrasi (Foto: Raw Energico)

JATIMTIMES - Aisyah istri Nabi Muhammad SAW diketahui memiliki pola makan sehat untuk menjaga berat badan dan kebugaran tubuhnya. Sosok Aisyah dikenal sebagai wanita yang cerdas. 

Rasulullah SAW menilai bahwa Aisyah yang paling banyak ilmunya di tengah umat. Selain itu, Aisyah juga digambarkan sebagai istri Rasulullah SAW yang cantik, dengan kulit putih dan kemerah-merahan. Aisyah juga memiliki tubuh yang bugar, sehat dan ideal. Rupanya Aisyah menjalani pola makan sehat sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. 

Semasa hidup, ia selalu mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi, meski makanan itu sangat sederhana.

Berikut 5 makanan sehat favorit Aisyah istri Rasulullah SAW:

1. Mengonsumsi biji-bijian utuh

Aisyah dan istri-istri Nabi Muhammad SAW lainnya ternyata selalu mengonsumsi biji-bijian utuh atau sereal. Jenis biji-bijian yang dikonsumsi oleh Aisyah ialah gandum. Namun, sereal yang dimakan tidak digiling halus seperti kebanyakan orang atau seperti sereal yang siap saji seperti sekarang. 

Dijelaskan dalam sebuah hadits: "Dari Aisyah RA berkata, 'Keluarga Muhammad SAW tidak pernah kenyang dari gandum halus selama tiga malam berturut-turut sejak tiba di Madinah hingga beliau wafat," (HR. Bukhari No. 4996).

Menurut penelitian, gandum utuh lebih bermanfaat daripada gandum halus yang sudah digiling. Proses penggilingan tersebut justru dapat menghilangkan nutrisi dan hanya menyisakan karbohidrat saja. Sebab ada banyak nutrisi pada kulit gandum yakni mulai dari vitamin, serat, mineral dan masih banyak lagi.

2. Mengonsumsi serat

Serat menjadi salah 1 makanan penting untuk kelancaran sistem pencernaan tubuh. Selain itu, serat juga berperan untuk mengontrol berat badan. Aisyah pun selalu mengonsumsi serat. Ia mendapatkan asupan serat dari mengonsumsi kurma setiap hari. 

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits: "Dari Aisyah RA berkata; 'Keluarga Muhammad tidak pernah makan hingga dua kali dalam sehari melainkan salah satunya dengan makan kurma," (HR. Bukhari No. 6.455).

Dalam 100 gram kurma mengandung serat sebanyak 0,7 gram, kalium sebanyak 54 mg, dan protein sebanyak 0,2 gram. Sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW, mengonsumsi kurma sebaiknya dalam jumlah yang ganjil.

3. Makan 2 kali sehari

Disebutkan oleh hadits sebelumnya bahwa keluarga Nabi Muhammad SAW tidak pernah makan lebih dari 2 kali dalam sehari. Itu karena Nabi Muhammad SAW hidup dalam kesederhanaan.

Biasanya keluarga Nabi Muhammad SAW melewatkan waktu makan siang jika memang tidak ada yang bisa dimakan. Hal ini pernah dijelaskan dalam sebuah hadits:

"Dari Ummul Mukminin Aisyah berkata, 'Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam ke rumahku seraya bertanya: 'Apa kamu memiliki makanan?'. Saya menjawab 'tidak'. Beliau berkata, 'Kalau begitu saya berpuasa,".

"Dia (Aisyah RA) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya, "Kita diberi hadiah berupa makanan. Beliau bertanya, 'Apakah itu?'. Saya menjawab, 'Hais, yaitu kurma yang dicampur dengan samin dan Aqith,".

Dia ('Aisyah RA) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya, "Kita diberi hadiah berupa makanan," (HR. Tirmidzi no. 666).

4. Makan timun dan kurma basah

Mengonsumsi timun juga merupakan salah 1 tips kecantikan dan kebugaran Aisyah. Mengonsumsi timun dan kurma basah juga merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW.

Diceritakan bahwa Aisyah rutin mengonsumsi timun dan kurma basah untuk memiliki bentuk tubuh ideal sebelum dipertemukan dengan Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits:

"Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullahshallallahu 'alaihiwasallam, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal," (HR. IbnuMajah No. 3315).

5. Rutin minum susu

Selain mengonsumsi kurma dan air Nabi Muhammad SAW ternyata juga rutin minum susu. Rutin minum susu merupakan pola makan sehat bagi keluarga Nabi Muhammad SAW. Pola makan ini diikuti oleh Aisyah dan diceritakan dalam sebuah hadits:

"Dari Aisyah berkata; 'Selama satu bulan, keluarga Rasulullah SAW pernah mengalami tak terlihat asap mengepul dari rumah-rumahnya.'. Saya (Abu Salamah) berkata: 'Wahai Ibu! Lalu apa yang mereka makan?'.

"Aisyah menjawab: 'Kurma dan air. Hanya saja beliau mempunyai tetangga yang jujur dari kalangan Anshar, mereka mempunyai kambing ternak dan merekalah yang mengirimkan susu kepadanya," (HR. Ahmad No. 23416).

Topik
Aisyah Istri Rasulullahtips cantik ala aisyahkuota penonton pon papua
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru