Inilah 8 Tempat "Rahasia" yang Ada di Google Maps, Mana Saja?

Sep 17, 2021 10:07
Google Maps (Foto: HowToGeek)
Google Maps (Foto: HowToGeek)

JATIMTIMES - Google Maps merupakan teknologi yang kerap digunakan untuk mencari tempat tujuan. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dunia dan tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. 

Namun apakah kalian tahu bahwa ada tempat-tempat di dunia yang tidak terlihat di Google Maps atau menjadi tempat rahasia? Jika dilihat tempat rahasia itu  di Google Maps akan menjadi kabur atau berpiksel. 

Melansir melalui laman The Sun terdapat 8 tempat rahasia yang ada di Google Maps. Berikut ulasannya:

1. Moruroa, Polinesia Prancis

Moruroa merupakan pulau kecil yang terletak di Selatan Samudra Pasifik. Pulau Moruroa adalah pulau yang disensor oleh Google Maps. 

Sayangnya, tidak jelas alasannya mengapa pulau tersebut harus disensor. Beberapa orang mengatakan jika hal itu terkait dengan sejarah nuklir di pulau ini. 

Diketahui, Prancis melakukan uji coba nuklir yang signifikan di atol antara tahun 1966 dan 1996 dengan sebanyak 181 uji coba dilakukan selama periode ini.

2. 2207 Seymour Avenue, Ohio

2207 Seymour Avenue, Ohio adalah alamat rumah yang disensor karena lokasi penculikan Ariel Castro pada tahun 2002 dan 2004 di Cleveland, Ohio.

Ada 3 wanita muda yang diculik oleh Castro dan ditawan di rumahnya. Akhirnya Castro dipenjara hingga Mei 2013.

3. Pulau Jeannette, Rusia

Pulau Jeannette merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Laut Siberia Timur, dengan panjang 1,2 mil. Pulau itu sebagian besar tertutup oleh es dan memiliki puncak setinggi 1.152 kaki di tengahnya.

Tak ada alasan yang jelas mengapa pulau itu menjadi tempat rahasia, meski ada masalah kepemilikan pulau tersebut milik Rusia atau Amerika Serikat.

4. Korea Utara

Siapa sangka, beberapa bagian di Korea Utara juga diburamkan oleh Google Maps. Jika penasaran, kalian bisa mengetikkan nama negara rahasia dan lihat ke kiri di mana kalian akan melihat seluruh bagian menjadi misteri.

5. Pulau Amchitka - Alaska

Pulau Amchitka adalah tempat uji coba nuklir bawah tanah AS pada 1950-an, 60-an, dan 70-an. Jika kalian melakukan pencarian cepat di Google Maps maka akan menunjukkan bagian yang kabur.

Amerika Serikat (AS) melakukan uji coba nuklir bawah tanah terbesarnya di sana.

6. Pangkalan Militer Yunani

Jika ingin melihat di Google Maps, pangkalan militer di Athena ini benar-benar diubah menjadi pixel. Tidak pernah dijelaskan secara eksplisit mengapa pangkalan militer itu diubah menjadi pixel.

Menurut informasi yang beredar hal itu terkait dengan keamanan nasional.

7. Fasilitas Nuklir Perancis

Fasilitas pemrosesan ulang bahan bakar nuklir AREVA La Hague di Prancis diburamkan juga oleh Google Maps.

Tempat itu dibuka pada tahun 1976 dan menghadapi kontroversi dari Greenpeace. Sebelumnya, Greenpeace telah mengkampanyekan penutupannya sejak 1997, setelah mengklaim bahwa mereka membuang 1 juta liter limbah radioaktif cair per hari ke laut.

8. Pulau Sandy

Pulau Sandy ini juga dikenal sebagai pulau hantu. Pulau tersebut ditampilkan di Google Maps hingga November 2012, ketika para ilmuwan Australia mengkonfirmasi ketidakhadiran pulau itu.

Sekarang yang tersisa hanyalah pemandangan naiknya dasar laut, yang menempati bentuk  sama dengan pulau aslinya.

Topik
aplikasi Google MapsGoogle Maps
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru