Mookee Hadir di Malang, Mudahkan Pelaku UMKM Tembus Pasar Dunia

Sep 15, 2021 22:40
CEO PT ARL Mookee Putri Sisilia Natasha (kiri) bersama Direktur PT ARL Mookee Malang Lina Ikadara Ramli seusai merilis aplikasi Mookee di Kota Malang, Rabu (15/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
CEO PT ARL Mookee Putri Sisilia Natasha (kiri) bersama Direktur PT ARL Mookee Malang Lina Ikadara Ramli seusai merilis aplikasi Mookee di Kota Malang, Rabu (15/9/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Gerai aplikasi Mookee yang memberikan wadah bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memasarkan produk UMKM ke kancah nasional hingga internasional, telah hadir di Kota Malang. 

Chief Executive Officer (CEO) PT Mookee Auraners Indonesia Putri Sisilia Natasha menjelaskan, Mookee merupakan sebuah platform digital yang mewadahi para pelaku social e-commerce atau UMKM yang berdiri tahun 2013. Saat ini sudah tersebar di tiga negara yakni Indonesia, Malaysia dan Myanmar.

mooke-1244d00cc5c34afa6.jpg

"Untuk Indonesia sendiri fokusnya pembinaan UMKM agar bisa terdistribusi hingga asia tenggara dan dunia," ungkapnya kepada JatimTIMES.com, Rabu (15/9/2021). 

Saat ini juga telah dilakukan pembinaan-pembinaan mengenai UMKM dan enterpreneur, terkait pemerataan distribusi. Menurutnya, UMKM di Indonesia selalu terkendala dalam hal penjualan produk. 

Lebih lanjut, gerai Mookee telah terletak di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Namun, dikarenakan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ada di beberapa wilayah,  pembukaan gerai Mookee masih terealisasi di 10 provinsi. 

"Untuk memangkas biaya distribusi kami menyediakan mini store untuk barang barang UMKM, kita juga melakukan subsidi silang ke provinsi lain produksi Malang kita up dan kita bantu go export," terangnya. 

Perempuan yang sudah menjadi pendamping UMKM selama 13 tahun ini mengatakan, penggunaan aplikasi Mookee sangat mudah sekali. Tinggal download secara gratis di play store. Dalam prosesnya semuanya berjalan dengan gratis. 

"Tapi jika ingin menjadi mitra seumur hidup ya harus bayar Rp 350 ribu. Kita sistemnya hanya afiliate marketing, tanpa adanya iklan-iklan, jadi kita bantu pangkas biaya iklan," tandasnya. 

mooke-2554b6932922fb836.jpg

Sementara itu, Direktur PT ARL Mookee Malang Lina Ikadara Ramli mengatakan, peluncuran Mookee di Kota Malang dihadiri oleh para pengurus UMKM dari Kota Malang, Singosari, Lawang, hingga Pasuruan. "Untuk pelaku UMKM mencapai 30 orang," ujarnya. 

Perempuan yang akrab disapa Lina ini menuturkan para pelaku UMKM yang sudah mendaftar sebagai anggota Mookee akan dibantu dalam menjual produknya melalui platform digital. 

"Contohnya kami membantu dari sisi Packaging-nya, walaupun rasanya enak, Packaging-nya dilihat kayaknya kurang. Kalau produknya enak, didukung Packaging-nya menarik, kami yakin itu go national bahkan go international," ungkapnya. 

Terakhir, pihaknya berharap dengan hadirnya Mookee dapat memfasilitasi para pelaku UMKM di Kota Malang agar lebih mudah dalam memasarkan produknya hingga cakupan pasar yang lebih luas. 

"Tujuan kami mengangkat produk anak bangsa untuk di tingkat nasional bahkan internasional. Karena saya pribadi nggak mungkin, tapi bersama-sama dengan Mookee, perekonomian untuk para pelaku UMKM ini bisa berkembang dengan sangat baik," pungkasnya.

Topik
putri sisilia natashaainul masrurohputsi sisilia natasha
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru