Kabar Gembira, Ada Beasiswa Kuliah Sampai Lulus Gratis Plus Tunjangan Hidup

Sep 05, 2021 18:50
Jadwal tahapan seleksi program beasiswa teladan (tantonofoundation)
Jadwal tahapan seleksi program beasiswa teladan (tantonofoundation)

JATIMTIMES - Kabar gembira bagi mahasiswa, selain beasiswa LPDP juga terdapat beasiswa lain yang tentunya juga menjanjikan. Ya, beasiswa ini dari Tanoto Foundation. Tanoto Foundation membuka pendaftaran program Beasiswa dan Kepemimpinan Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan (TELADAN) 2022. Sasaran program TELADAN adalah mahasiswa semester pertama dari 9 perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation.

9 perguruan tinggi mitra tersebut, salah satunya ada yang berada di Malang, yakni Universitas Brawijaya (UB). Sementara perguruan tinggi lainnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sumatera Utara (USU), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Riau (UNRI). 

Dilansir dari situs resminya, dijelaskan bahwa mahasiswa semester pertama yang memiliki prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan yang berintegritas disarankan mendaftarkan diri pada program TELADAN.

Dalam program beasiswa ini, mahasiswa yang lolos nantinya akan menjadi Tanoto Scholars. Mereka akan mendapatkan empat support, yakni dukungan pengembangan kepemimpinan. Tanoto Scholars akan bersama-sama mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepemimpinan yang dirancang secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 3 tahapan kurikulum program TELADAN. 

Dalam prosesnya, melalui berbagai tahapan, di mana mencakup pengetahuan baru, pembelajaran berbasis proyek, dan pengembangan diri sebagai pemimpin, serta persiapan pengembangan karier yang disertai dengan kesempatan berkontribusi untuk masyarakat.

Yang kedua, dukungan lingkaran pengembangan TELADAN. Selain pengembangan kepemimpinan yang terstruktur dalam kurikulum program TELADAN, Tanoto Scholars juga akan mendapatkan dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan yang disebut sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN. 

Kemudian, dukungan biaya kuliah dan tunjangan hidup. Tanoto Scholars akan mendapatkan biaya kuliah yang dibayarkan secara penuh dan langsung kepada perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. Sehingga, mereka tinggal menempuh studi dengan tenang. Tapi bukan hanya itu saja, mereka nantinya juga akan  mendapatkan tunjangan biaya hidup bulanan yang dibayarkan langsung kepada Tanoto Scholars, sejak perjanjian ditandatangani hingga semester 8.

Dan yang keempat,  jaringan alumni yang luas di Indonesia dan dunia. Setelah lulus, Tanoto Scholars akan bergabung bersama dengan jaringan alumni program TELADAN yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan di belahan dunia lainnya. Dalam jaringan alumni, tentunya mereka akan saling terkoneksi untuk saling menginspirasi. Termasuk juga dalam pengembangan profesional atau peningkatan kapasitas seiring kebutuhan perkembangan dunia.

Sementara itu, untuk syarat pendaftarannya, terdapat beberapa poin. Yakni, Warga Negara Indonesia (WNI); Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN; Memiliki prestasi akademik yang baik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10); Memiliki prestasi non-akademik, pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya; Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.

Kemudian, mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa lainnya akan menjadi nilai tambah; Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial dari pemerintah maupun lembaga lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN. 

Untuk waktu pendaftaran program beasiswa teladan 2022, saat ini telah dibuka dan akan ditutup pada 30 September 2021. Mahasiswa yang berminat bisa langsung mengakses situs resmi Tanotofoundation.org.

Topik
program teladansyarat daftar beasiswa tanoto foundationkekerasan perempuan dan anak
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru