10 Hewan yang Dijamin Masuk Surga Beserta Amalannya untuk Kaum Muslim

Sep 05, 2021 08:52
Ilustrasi hewan yang dijamin masuk surga (Ist)
Ilustrasi hewan yang dijamin masuk surga (Ist)

JATIMTIMES - Surga dan Neraka, adalah tempat yang akan dihuni kelak setelah mengalami kematian. Mereka yang senantiasa beriman kepada Allah SWT tentunya akan mendapatkan balasan surga. Dan sebaliknya, mereka yang ingkar kepada Allah SWT dan melakukan dosa akan mendapatkan balasan neraka.

Namun, tahukah Anda?, jika surga dan neraka tak hanya dihuni boleh manusia saja, melainkan juga terdapat hewan yang akan menghuninya. Bahkan hewan-hewan yang akan menghuni surga 10 diantaranya telah dipastikan masuk ke dalamnya. Lalu apa saja 10 hewan tersebut?, Dan mengapa hewan itu dijamin masuk surga?.

Tentunya saja hewan-hewan tersebut memiliki keistimewaan. Keistimewaan adalah kepatuhan terhadap tuannya dan juga turut berjuang menegakkan agama tauhid di muka bumi. Berikut 10 hewan tersebut yang dikisahkan dari channel Tafakkur Fiddin.

1. Unta Nabi Saleh

Unta Nabi Saleh merupakan unta yang di jamin masuk surga. Unta ini merupakan mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT, namun dibunuh oleh kaum Samun. Karena ulahnya tersebut, kemudian Allah memberikan azab kepada kaum tersebut, dengan memusnahkannya dan tidak ada yang tersisa satu pun di muka bumi. Kisah tentang unta nabi Saleh ini bisa dilihat dalam Al Quran surat Bus ayat 64-68.

2. Anak Sapi Nabi Ibrahim

Anak sapi ini dijamin masuk surga. Anak sapi ini kala itu dihidangkan kepada tamu Nabi Ibrahim, yakni para malaikat yang membawa kabar perihal kelahiran anak Nabi Ibrahim.

3. Kambing Nabi Ismail

Allah SWT pernah menguji kesabaran Nabi Ibrahim dengan perintah untuk menyembelih anaknya. Karena kepatuhan Nabi Ismail kepada Allah, maka Ismail yang hendak disembelih berubah menjadi seekor kambing gemuk lagi sehat. Dan malaikat pun menyelamatkan Ismail dari penyembelihan atas perintah Allah SWT. Kisah ini juga terdapat jelas dalam Al-Qur'an.

4. Sapi Nabi Musa

Sapi milik Nabi Musa menjadi salah satu hewan yang dijamin masuk surga. Ketika itu, terdapat seorang Bani Israil yang meninggal dunia. Namun mereka, ingin mengetahui siapa pembunuh orang tersebut. Lalu datanglah Bani Israil itu kepada Nabi Musa untuk meminta petunjuk. Maka Allah kemudian memerintahkan untuk menyembelih sapi betina milik seorang yatim dan dipukulkan kepada mayat tersebut. Maka kemudian hiduplah orang mati tersebut untuk memberitahu siapakah pembunuhan sebenarnya.

5. Ikan Paus Nabi Yunus

Ikan paus Nabi Yunus merupakan salah satu hewan yang juga akan masuk surga. Ikan tersebut merupakan ikan paus yang sempat menelan Nabi Yunus ketika ia dilempar di laut karena kapal yang ditumpangi kelebihan muatan. Dan usai menelan Nabi Yunus, kemudian Allah memerintahkan paus tersebut untuk memuntahkannya di daerah yang tandus.

6. Keledai Nabi Uzair

Nabi uzair merupakan nabi yang diutus untuk Bani Israil atau bangsa Yahudi. Kisah tentang keledai nabi uzair yang terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 259 yang artinya, "apakah kamu tidak perhatikan orang yang melalui suatu negeri yang temboknya telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur. Maka Allah mematikannya 100 tahun dan menghidupkannya kembali. 

Allah kemudian bertanya, "berapakah lamanya kamu tinggal disini ?". Maka kemudian ia menjawab "saya tinggal disini sehari atau setengah hari". Allah berfirman, "Sebenarnya kamu telah tinggal disini 100 tahun lamanya. Lihatlah kepada makanan dan minumannya yang belum lagi berubah, dan lihatlah pada keledai kamu yang menjadi tulang belulang. Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan kami bagi manusia dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu. Kemudian kami menyusunnya kembali dan membalutnya dengan daging. Maka tatkala Allah telah nyata kepadanya Allah menghidupkan yang telah mati. Diapun berkata saya yakin Allah berkuasa atas segala sesuatu. 

7.  Semut Nabi Sulaiman

Hewan ini juga telah dijamin masuk surga. Seperti diketahui jika Nabi Sulaiman merupakan nabi yang memiliki kelebihan bisa berbicara dengan binatang. Semut ini pernah membuat Nabi Sulaiman kagum saat bertanya kepadanya, salah satunya tentang rezeki.

Nabi Sulaiman berkata, "Wahai semut, apakah engkau yakin ada makanan cukup untukmu ?". Semut menjawab, "Rezeki ditangan Allah, aku percaya rezeki ditangan Allah. Aku yakin diatas batu kering di padang pasir tandus ini  ada rezeki untukku".

8. Burung Hud-Hud

Burung ini merupakan burung yang digunakan nabi Sulaiman untuk mengirimkan surat kepada Ratu Balqis. Surat tersebut merupakan ajakan untuk beriman kepada Allah SWT.  

9. Unta Nabi Muhammad

Dalam perjalanan dakwahnya, Rasulullah mengendarai unta untuk hijrah di Madinah pertama kali dengan sahabat Abu Bakr Asyidiq.  Unta tersebut digunakan juga sebagai petunjuk dimanakah Rasulullah akan tinggal di Madinah. Unta ini berhenti di rumah Sahabatnya yakni, Abu Ayyub Al Ansari.

10. Anjing Ashabul Kahfi

Binatang terkahir yang dijanjikan masuk surga adalah Anjing Ashabul Kahfi. Ia merupakan seorang pemuda tangguh yang menjaga keimanannya dari raja kafir. Demi menyelamatkan iman, ia rela bersembunyi dalam goa dan ditemani seekor anjing. Karena terlalu lelah, mereka kemudian tertidur dalam goa. Dikira, baru beberapa waktu mereka tidur, tapi ternyata telah 300 tahun mereka tidur. Kisah ini dapat ditemukan dalam Al Quran Surat Al Kahfi ayat 9-22.

Topik
hewan peliharaan nabiunta nabi salehhewan yang dijamin surgafitur baru twitterImam Malik
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru