Lagi, Ini Temuan Satgas Saat Normalisasi Saluran Drainase, Dinas PU Kota Malang Minta Masyarakat Sadar Lingkungan

Aug 21, 2021 16:53
Satgas DPUPRPKP Kota Malang, saat melakukan normalisasi saluran drainase di kawasan Jalan Simpang Raya Langsep (Ist)
Satgas DPUPRPKP Kota Malang, saat melakukan normalisasi saluran drainase di kawasan Jalan Simpang Raya Langsep (Ist)

MALANGTIMES - Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang,  rutin melakukan pemantauan saluran drainase. Namun dalam setiap pemantauan, lagi-lagi sampah menjadi hal yang kerap dijumpai Satgas. 

Seperti halnya saat Satgas DPUPRPKP Kota Malang melakukan normalisasi saluran drainase di kawasan Jalan Simpang Raya Langsep dan Jalan Raya Langsep, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun. 

Saat melakukan normalisasi pada lokasi kawasan tersebut, Satgas DPUPRPKP mendapati berbagai macam jenis sampah plastik yang menumpuk pada saluran air. Namun tak menunggu lama, para personel satgas langsung turun ke saluran drainase untuk mengangkat sampah dari saluran drainase.

1

Sebelumnya, dampak sampah yang menyumbat membuat aliran air tak bisa mengalir secara lancar. Akibatnya ketika hujan tiba, air meluber dan menggenang hingga ke badan jalan mengganggu aktivitas masyarakat.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi, kembali menegaskan agar masyarakat lebih menyadari dan meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Sebab, perilaku masyarakat menjadi salah satu faktor penentu kualitas lingkungan. 

Berbagai upaya dalam menjaga lingkungan, baik itu dengan pembangunan sarana dan prasarana, tak akan memiliki kebermanfaatan jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

"Saluran drainase seperti diketahui bukan tempat sampah, masyarakat harus paham dan lebih peduli terhadap lingkungan," terangnya.

Karenanya, pihaknya mengajak agar masyarakat saat ini lebih sadar dan meningkatkan kepedulian kepada lingkungan. Sebab, jika di lingkungan sekitar, terlebih lagi pada saluran drainase, banyak terdapat tumpukan sampah, maka hal tersebut akan menjadi permasalahan serius yang tentunya sangat merugikan masyarakat sendiri.

3

"Makanya kami imbau lagi  buanglah sampah pada tempatnya, jangan dibuang di saluran,"  paparnya.

Selain itu, wanita yang juga pernah menjabat sebagai asisten 3 Pemkot Malang ini juga menyampaikan agar masyarakat turut berpartisipasi dan berperan aktif saling mengimbau dan mengingatkan masyarakat lain untuk perduli terhadap lingkungan sekitarnya.

"Harus sama-sama berperan aktif," ungkapnya.

Sementara itu, sampah-sampah usai diangkut dari saluran drainase dua lokasi Jalan Simpang Raya Langsep dan Jalan Raya Langsep, jika terkumpul mencapai berkarung-karung. Sampah tersebut kemudian dibuang boleh petugas ke tempat pembuangan akhir. 

Topik
DPUPR Kota Malangrumah siswoyoSampah Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru