Fitur Baru Edit Foto dan Video via WhatsApp Web, Begini Caranya

Aug 15, 2021 09:33
WhatsApp Web. (Foto: source google).
WhatsApp Web. (Foto: source google).

INDONESIATIMES - Jika kalian terbiasa menggunakan WhattsApp Web dan Desktop, memang sedikit tricky agar bisa mengedit foto atau video yang ingin dikirim ke pengguna lain. Tapi, kini hal itu sudah tidak berlaku lagi.

Sebab, WhatsApp telah mengeluarkan fitur baru agar pengguna aplikasi melalui web dan desktop bisa memanfaatkan edit foto dan video dengan lebih mudah. 

Sebetulnya, fitur ini telah ada di WhatsApp untuk Android dan iOS sejak awal, tapi baru kali ini dibawa ke versi Web dan Desktop.

Menurut informasi dari WABetaInfo, fitur edit foto ini sudah tersedia untuk WhatsApp Web dan Desktop versi 2.2130.7. WhatsApp sudah menggulirkan fitur ini secara bertahap, jadi pengguna yang belum mendapatkannya diharap bersabar. 

Lantas, seperti apa cara penggunaannya?

Cara untuk mengedit foto ataupun video melalui WhatsApp Web ataupun Dekstop sama seperti yang ada di versi mobile. Yakni, pengguna memilih foto yang akan dikirim dengan mengklik ikon Attachment yang berbentuk seperti penjepit kertas.

Setelah itu, klik ikon Photos and Videos untuk memilih media yang ada di komputer, atau klik ikon Camera untuk mengambil foto dari webcam. Nah, foto terpilih, kemudain kalian masuk ke halaman edit foto dengan berbagai pilihan Drawing Tools.

Drawing Tools yang tersedia untuk mengedit foto berada di bagian atas. Tools yang ditawarkan berfungsi untuk menambahkan emoji, stiker, teks, coretan, dan memotong atau mengubah orientasi foto.

Opsi lain, penambahan caption foto masih tersedia di bagian bawah layar, bersama dengan opsi View Once. Di mana, opsi ini bisa dipilih jika pengguna ingin foto dan video bisa menghilang secara otomatis setelah dibuka oleh penerima.

Dilansir dari berbagai sumber, dengan kemunculan fitur baru ini, diungkapkan pula oleh WABetaInfo, bahwa WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.16.10 kedatangan 217 emoji baru. Emoji-emoji ini diumumkan oleh Unicode Consortium pada Juli tahun lalu dan sudah tersedia di iOS 14.5

Kini emoji-emoji tersebut hadir untuk pengguna WhatsApp beta, tapi belum diketahui kapan akan dirilis untuk seluruh pengguna. WABetaInfo mengatakan saat ini emoji tersebut hanya bisa dilihat penerima jika mereka sudah memiliki update beta terbaru.

Topik
WhatsAppedit video di wawa webcara edit foto di waisolasi terpusat jateng
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru