Kisah Malaikat yang Abaikan Rasulullah, Allah Patahkan 2 Sayapnya dan Mengasingkannya

Aug 07, 2021 08:33
Ilustrasi malaikat yang dihukum Allah karena mengabaikan Rasulullah (Ist)
Ilustrasi malaikat yang dihukum Allah karena mengabaikan Rasulullah (Ist)

MALANGTIMES - Allah sempat mematahkan salah satu sayap dari malaikat. Malaikat tersebut tentunya tak mungkin dengan sengaja dipatahkan sayapnya, jika bukan tanpa sebab yang jelas. Ya, Allah mematahkan sayap malaikat tersebut karena malaikat itu tak menghormati Rasulullah.

Lalu siapakah malaikat tersebut? Mengapa malaikat tersebut tak menghormati Rasulullah? Simak kisahnya ini yang diolah dari channel Tafakkur Fiddin.

Rasulullah merupakan manusia terpilih yang menjadi kekasih Allah. Bahkan salawat dari-Nya pun juga mengalir kepada Nabi junjungan alam semesta itu. Ibadah ini pun juga menjadi perintah Allah untuk dikerjakan manusia dan juga makhluk lainnya. 

Rasulullah SAW begitu agung di sisi Allah. Hal-hal yang membuat sakit Rasulullah juga membuat Allah SWT marah. Termasuk ketika terdapat makhluk yang mengabaikannya, Allah begitu marah.

Kisah ini terjadi ketika Rasulullah tengah melakukan Isro Mi'raj untuk menjemput perintah salat. Ketika 70 ribu malaikat menyambut Rasulullah, terdapat satu malaikat yang mengabaikannya. Allah kemudian mematahkan sayap malaikat tersebut dan membuangnya ke bumi. Kisah ini tertulis dalam kitab Mukasyafatul Qulub karya Al Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad.

Saat itu, Rasulullah melintasi langit dan terdapat 70 ribu malaikat menyambutnya di langit dan melayani beliau. Namun terdapat satu malaikat yang kala itu tak berdiri saat kedatangan Rasulullah. Hal ini membuat Allah SWT marah. 

Allah yang marah kemudian langsung menghukumnya dengan mematahkan dua sayap dari malaikat tersebut. bukan hanya itu saja Allah kemudian juga mengasingkan malaikat tersebut di sebuah gunung Qaf yang tinggi. Di gunung Qaf yang tinggi itu, malaikat tersebut hanya bisa menangis dan menyesali perbuatannya.

Adanya malaikat yang dihukum oleh Allah itu kemudian terdengar oleh Rasulullah melalui malaikat Jibril

Malaikat Jibril berkata, " Ya Rasulullah SAW, aku telah melihat ada seorang malaikat langit berada di atas singgasananya. Di sekitarnya terdapat 70.000 malaikat berbaris melayaninya. Pada setiap hembusan nafasnya, Allah SWT menciptakan darinya seorang malaikat. Dan sekarang ini kulihat malaikat itu berada di atas Gunung Qaaf dengan sayapnya yang patah dan sedang menangis.”

Ketika dia melihatku, ia berkata sambil menangis untuk meminta pertolongan. "Adakah engkau mau menolongku wahai Jibril?” tanya malaikat malang tersebut. Malaikat Jibril kemudian menjawab “Apa salahmu?” 

Malaikat tersebut kemudian menjawab pertanyaan Jibril. “Ketika aku berada di atas singgasana pada malam Isra Mi'raj, lewatlah padaku Muhammad, kekasih Allah SWT. Lalu aku tidak berdiri menyambutnya dan Allah menghukumku dengan hukuman ini, serta menempatkanku di sini seperti yang engkau lihat".

Mendengar itu, Malaikat Jibril kemudian mencoba memberikan pertolongan. Ia kemudian menghadap Allah SWT dan merendahkan diri memohon kepada Allah SWT. Allah kemudian berfirman, "Hai Jibril, katakanlah agar dia membaca salawat atas kekasihKu, Muhammad SAW."

Perintah Allah tersebut, kemudian oleh Jibril langsung disampaikan kepada malaikat yang mendapatkan sanksi itu. Disampaikan Jibril agar malaikat yang dihukum itu membaca salawat kepada Rasulullah.

Apa yang diperintahkan Allah SWT sesuai yang disampaikan Jibril, kemudian langsung dilakukan malaikat itu. Allah SWT kemudian memberikan ampunan kepada malaikat itu.

Usai mendapatkan ampunan Allah, sekejap kemudian tumbuhlah kembali sayap malaikat tersebut dan kemudian mengembalikan ke singgasananya.

Topik
kisah malaikat abaikan rasulsayap malaikat dipatahkan allahsidak pembangunan jalanMuhammad SAWMalaikat Jibril
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru