Deretan Perempuan Muslim Penghuni Surga dan Sifatnya yang Wajib Dijadikan Teladan

Aug 01, 2021 08:35
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

INDONESIATIMES - Dalam Islam, perempuan memiliki kedudukan yang sangat mulia. Kedudukannya dipandang sebagai bagian penting dalam menegakkan agama.

Rasulullah SAW bersabda, "Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah." (HR Muslim dari Abdullah Ibnu Umar).

Setiap perempuan tentu ingin menjadi seperti perhiasan tersebut. Namun, siapa yang bisa kita teladani untuk menjadi sosok wanita shalihah? Islam telah menyebutkan wanita inspiratif yang patut dijadikan contoh sebagai teladan kita.

Selain sebagai teladan terbaik, perempuan-perempuan ini dijuluki ummul mukminin yang mendapat jaminan penghuni surga, Siapa saja mereka?

Dalam satu hadits disebutkan, ada 4 wanita inspiratif ahli surga. Dari Anas bin Malik mengatakan bahwa Nabi bersabda, "Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulallah SAW, Khadijah binti Khawailid dan Asiyah, istri Firaun." (HR Muslim dan Hakim).

Berikut sosok dam kisah singkat mengenai 4 perempuan penghuni surga.

1. Maryam binti Imran

Ia adalah ibu dari Nabi Isa AS, sosok mulia yang selalu menjaga harga dirinya dan taat beribadah kepada Allah SWT.

Sosok Maryam yang begitu mulia menjadikannya dianugerahi seorang putra di kandungannya saat masih gadis. Ya, Maryam hamil tanpa seorang suami.

Perjalanan hidup seorang Maryam tidaklah mudah. Di tengah proses kehamilannya hingga melahirkan, Maryam dikucilkan lingkungan sekitarnya. Namun, ia tetap sabar dan bertakwa kepada Allah SWT. Setelah kelahiran Nabi Isa AS, Maryam mendidiknya dengan sangat baik dan penuh kesabaran. Kemuliaan Maryam ini yang menjadi salah satu sosok wanita yang dijamin akan menghuni surga.

2. Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah SAW

Ia merupakan putri Rasulullah SAW yang sangat taat dan patuh kepada orangtuanya. Fatimah dikenal dengan kecantikan serta kepribadian yang baik, sabar, lembut hati, dan penyayang. Namanya pun memiliki arti 'Fatimah yang selalu berseri'.

Putri dari Nabi Muhammad SAW ini diketahui pernah menikah dengan sepupunya, Ali bin Abi Thalib yang merupakan putra dari ABu Thalib. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua orang anak bernama Hassan dan Hussain.

Kisah cinta Fatimah bersama suaminya menjadi kisah cinta yang begitu mengetuk hati dan menjadi kisah cinta paling romantis bagi umat Islam.

3. Khadijah binti Khawailid

Siapa yang tak kenal sosok ini, ya istri pertama Nabi Muhammad SAW. Sosoknya dikenal sangat taat dan patuh kepada suami. Khadijah juga menemani Rasulullah ketika mendapat wahyu pertama dari Allah SWT.

Dikenal sebagai perempuan tersukses pada masanya, Khadijah menghabiskan seluruh hartanya untuk berdakwah di jalan Allah SWT. Diceritakan, bahwa saat menikah dengan Nabi Muhammad SAW, Khadijah berusia 40 tahun, sedangkan Nabi berusia 25 tahun.

Meski begitu, Khadijah merupakan istri yang tulus membantu Nabi Muhammad SAW di setiap perjalannya. Bahkan. Khadijah bersedia menikah dengan Nabi meski Nabi tidak memiliki harta. Padahal Khadijah sendiri merupakan pedagang perempuan yang sukses.

Selama bersama Khadijah, Nabi Muhammad SAW tidak pernah melakukan poligami, kecuali setelah Khadijah wafat. Dari pernikahannya bersama Khadijah, Nabi memiliki enam putra-putri, yaitu Qasim, Abdullah, Ruqayah, Ummu Kultsum, Zaenab, Fatima.

4. Asiyah

Asiyah merupakan istri dari Fir'aun, raja kejam dan kafir. Ia juga seorang ibu dari Nabi Musa AS. Meski sang suami terkenal sangat kejam, bahkan mengaku dirinya sebagai tuhan, Asiyah tetap teguh pada pendiriannya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT.

Bahkan, ketika Fir'aun mengancam akan menyiksa dan membunuhnya jika tidak mau menyembah Fir'aun, Asiyah tetap memilih untuk menyembah Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam QS. At-Tahrim ayat 11 yang artinya:

"Dan Allah membuat isteri Fir'aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: "Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkan lah aku dari Fir'aun dan perbuatannya, dan selamatkan lah aku dari kaum yang zalim."

Keteguhan inilah yang menjadikan Asiyah tercatat sebagai wanita mukmim yang juga mendapatkan jaminan surga.

Topik
Rasulullah SAWwanita penghuni surgapenghuni nerakaperempuan penghuni islamdunia islamperempuan penghuni surga
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru