Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Tekno

Cara Menghemat Kuota Data WhatsApp untuk Telepon dan Video Call

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

15 - Jul - 2021, 10:05

WhatsApp (Foto: DW)
WhatsApp (Foto: DW)

INDONESIATIMES - WhatsApp saat ini menjadi aplikasi chatting paling populer di dunia. Pengguna WhatsApp dapat berkomunikasi menggunakan banyak cara. 

Mulai dari chatting, telepon, pesan suara hingga video call. Namun, berbincang-bincang melalui telepon dan video call di WhatsApp tentu akan lebih menguras kuota data dibandingkan chatting biasa.

WhatsApp tentu membutuhkan internet untuk bisa melakukan panggilan suara dan video. Saat melakukan panggilan suara, WhatsApp menghabiskan data sekitar 740 Kb per menit.

Tentunya, data yang digunakan saat melakukan video call tentu lebih besar lagi. Hal ini bisa menyulitkan pengguna yang memiliki kuota internet terbatas saat ingin berbincang dengan keluarga atau teman.

Tapi tak perlu panik, kalian tetap bisa menelepon dan melakukan video call di WhatsApp meski kuota internet menipis. Berikut cara menghemat kuota data WhatsApp saat melakukan telepon dan video call, dilansir melalui India Today: 

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android atau iOS.

2. Klik 3 titik vertikal yang ada di pojok kanan atas.

3. Pilih opsi Settings atau Pengaturan dari menu drop-down yang ada.

4. Pilih opsi 'Storage and Data'

5. Terakhir, tap toggle 'Use less data for calls' yang ada di bagian bawah opsi Network usage. 

Jika toggle sudah ditekan, maka panggilan suara dan video yang dibuat akan menggunakan lebih sedikit data. Fitur ini memungkinkan WhatsApp menggunakan data minimum yang dibutuhkan untuk melakukan panggilan suara dan video. 

Sehingga ada kemungkinan kualitasnya akan terpengaruh. Perlu dicatat, bahwa sebelum mengaktifkan fitur ini pastikan WhatsApp yang ada di ponsel adalah versi terbaru yakni 2.21.13.28 untuk Android, dan 2.21.131 untuk iOS.


Topik

Tekno


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya