Simak Ini, Alasan Mengapa Harus Memilih Prodi PBSI Unikama

Jul 14, 2021 16:59
Suryantoro MPd, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia (PBSI) (Ist)
Suryantoro MPd, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia (PBSI) (Ist)

MALANGTIMES - Para calon mahasiswa banyak yang masih berfikir dalam memilih Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal ini memang tak dipungkiri banyak pihak merasa sudah memahami bahasa ini, maupun merasa hanya akan mendapatkan keilmuan itu-itu saja.

Padahal sebenarnya, prodi ini sejatinya bukan hanya sekedar tentang menggunakan bahasa Indonesia semata, tapi lebih dari itu. Terdapat banyak hal yang bisa dipertimbangkan sebagai alasan memilih prodi ini dalam perkuliahan.

Nah bicara tentang Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) merupakan salah satu kampus yang memiliki prodi PBSI unggulan. Prodi PBSI di Unikama memiliki sejumlah keunggulan yang tak usah diragukan lagi, sehingga menjadi alasan kuat untuk memilih prodi ini.

Suryantoro MPd, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menjelaskan, jika poses perkuliahan di Prodi PBSI Unikama, memberikan kesempatan terhadap para mahasiswa, selaras dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk belajar di luar Prodi PBSI.

"Pembelajaran di Prodi PBSI 40 persen dilaksanakan di luar prodi PBSI dari total SKS yang harus ditempuh 144 SKS," tuturnya.

1

Lebih lanjut dijelaskannya, jika dalam proses itu, para mahasiswa diturunkan ke masyarakat untuk mendapat pengalaman bekerja secara langsung di lembaga-lembaga yang menjadi mitra kerjasama Prodi PBSI. 

"Pengalaman-pengalaman ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai upaya mendekatkan dunia kerja dengan mahasiswa. Pengalaman belajar di lapangan, juga memberikan kesempatan pada alumni yang ingin melanjutkan studi," terangnya.

Prodi PBSI sendiri juga mempunyai tawaran menarik sehingga menjadi alasan kuat untuk memilih prodi ini. Prodi PBSI terus berkembang dengan berbagai program, dengan memfokuskan pada pembentukan alumni dengan profil guru atau pendidik bidang bahasa dan sastra Indonesia, widyaiswara, wirausaha berbasis bahasa dan sastra, tenaga teknis di penerbitan, jurnalistik, perpustakaan, dan Balai Bahasa.
 
Keuntungan kuliah di Prodi PBSI, selain mendapatkan ilmu pendidikan khususnya bahasa dan sastra Indonesia, mahasiswa juga diberikan kompetensi tambahan untuk mengembangkan dirinya dalam bidang jurnalistik, penerbitan, industri kreatif, kepenyiaran, dan perpustakaan.

Prodi PBSI Unikama sendiri juga telah banyak meraih sejumlah prestasi. Prestasi itu di antaranya, mahasiswa Prodi PBSI memperoleh penghargaan sebagai Duta Batik dalam rangka melestarikan budaya nasional. Kemudian, salah satu lulusan memperoleh kepercayaan sebagai narasumber dalam Seminar Akademik Inovasi dan Kreativitas yang diselenggarakan oleh P4TK Bahasa setelah menyelesaikan Pendidikan S2nya di UNS dengan prestasi Cumlaude. 

"Dan ada juga dosen prodi PBSI merupakan penulis aktif di berbagai media masa, dan menghasilkan karya inovasi media pembelajaran, dan penulisan kreatif," ungkapnya.

Prodi PBSI sendiri, kini terus berkomitmen untuk berkembang. Jaring kerjasama dengan berbagai pihak juga terus diperluas, baik dengan dunia sekolah, dunia usaha atau industri hingga perguruan tinggi. Hal ini tentunya tak lain untuk mempersiapkan lulusan yang siap kerja, bahkan menjadi seroang pencipta lapangan kerja.

"Harapan kami, dengan diterapkannya kurikulum MBKM di Unikama khususnya Prodi PBSI, menjadikan perguruan tinggi dan program studi yang unggul di tahun 2025," pungkasnya.

Topik
pbsi unikamaprodi bahasa dan sastra indonesiapasar hewan pamekasanunikama malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru