Misyar, Pernikahan tanpa Ikatan yang Kini Marak di Arab Saudi

Jul 09, 2021 08:19
Ilustrasi (Foto: Bincang Syariah)
Ilustrasi (Foto: Bincang Syariah)

INDONESIATIMES - Pernikahan merupakan sebuah ikatan yang terjalin oleh pria dan wanita atas dasar cinta. Namun, di Arab Saudi rupanya terdapat 'pernikahan tanpa ikatan' yang disebut Misyar

Misyar saat ini disebut-sebut tengah marak di Arab Saudi. Pernikahan muslim tanpa ikatan ini sering dilakukan secara rahasia dengan cepat menyebar di masyarakat Saudi. 

Pernikahan ini adalah anugerah bagi kaum pria yang kurang mampu menyediakan pernikahan tradisional yang mahal. Hanya saja, pernikahan ini disesalkan oleh para kritikus karena dianggap melegitimasi pergaulan bebas. 

Nikah misyar atau pernikahan al-misyar merupakan pernikahan di mana perempuan tak mendapatkan haknya sebagai istri secara penuh seperti yang diatur saat akad nikah. Sebut saja mereka tidak mendapat tempat tinggal, nafkah dan hak untuk hidup bersama.  

Mengejutkannya, praktik ini justru telah diizinkan secara hukum di kerajaan Muslim konservatif selama beberapa dekade. Melansir melalui AFP, kesaksian menyoroti bagaimana misyar dilihat sebagai campuran antara pernikahan dan lajang. 

Menguntungkan poligami tanpa stres mempertahankan rumah tangga kedua. Meski berpotensi untuk disalahgunakan, pernikahan ini juga menarik bagi beberapa wanita yang ingin menghindari harapan patriarki terhadap pernikahan tradisional, serta pasangan yang belum menikah yang mencari perlindungan agama untuk hubungan seksual, yang dilarang oleh Islam di luar nikah. 

Hal inilah yang ditakutkan para kritikus, penyalahgunaan. 

"Misyar menawarkan kenyamanan, kebebasan dan persahabatan yang halal (diizinkan dalam Islam)," kata seorang pegawai pemerintah Saudi berusia 40-an, yang melakukan misyar dengan seorang janda Saudi berusia 30-an selama lebih dari 2 tahun. 

Ia mengatakan bahwa dia memiliki 3 anak dari pernikahan pertamanya (konvensional) yang terpisah, dan mengunjungi istri misyarnya di rumahnya di Riyadh "kapan pun" dia mau. Pria itu tidak mengatakan apa yang dia dapatkan dari aliansi rahasia.

"Teman saya (Saudi) memiliki 11 istri misyar rahasia. Dia menceraikan dan menikahi yang lain, menceraikan dan menikahi yang lain," ceritanya lagi. 

Pernikahan ini juga dilakukan tanpa adanya mas kawin. Padahal menurut Islam mas kawin adalah wajib bagi laki-laki untuk memberikannya kepada istrinya saat akad. 

Selain itu, orang Saudi serta pekerja ekspatriat kerajaan, dapat terlihat berburu di aplikasi kencan dan situs pernikahan untuk menemukan pasangan misyarnya. 

"Misyar lebih murah. Tidak ada mahar, tidak ada kewajiban," kata seorang apoteker Mesir berusia 40 tahun di Riyadh. 

Ia mulai mencari calon istri barunya setelah mengirim istri dan putranya yang berusia 5 tahun ke Kairo pada awal pandemi tahun lalu. Hal ini dilakukan karena meningkatnya biaya hidup dan retribusi ekspatriat yang diterapkan Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir. 

"Jauh dari istri saya sulit," katanya, seraya menambahkan bahwa ia telah mencari misyar melalui mak comblang "khatba" di Instagram yang mengenakan biaya sebanyak 5.000 riyal. 

"Saya memberi mereka preferensi saya: berat, ukuran, warna kulit ... tapi sejauh ini tidak ada yang cocok," lanjutnya. 

Kendati demikian, pernikahan semacam ini seringkali berumur pendek, dengan sebagian besar berakhir dengan perceraian antara 14 dan 60 hari. Surat kabar kerajaan Al-Watan melaporkan pada 2018 lalu, mengutip sumber kementerian kehakiman.

Lantas apa yang membuat para wanita mau melakukan misyar? 

Disebutkan jika beberapa wanita melakukan hal ini sebagai pelarian singkat dari perawan tua atau kesempatan untuk awal yang baru bagi para janda dan janda, yang sebaliknya berjuang untuk menikah lagi.

Seorang rekan dekat wanita Suriah yang bercerai di Riyadh mengatakan kepada AFP bahwa ia berada dalam hubungan misyar rahasia karena dia takut mantan suaminya, akan secara hukum mencari hak asuh atas kedua anaknya jika dia mengetahui bahwa dia telah menikah lagi.

Topik
pernikahan tanpa ikatanArab Saudidesigner

Berita Lainnya

Berita

Terbaru