Viral di TikTok, Tutorial Hidupkan Ikan Mati Bahkan yang Beli di Pasar

Jul 03, 2021 10:19
Tutorial hidupkan ikan mati (Foto:TikTok @fuad_19)
Tutorial hidupkan ikan mati (Foto:TikTok @fuad_19)

INDONESIATIMES - Media sosial rupanya kembali digegerkan dengan sebuah video yang membuat terheran-heran. Pasalnya, beredar vidoe di TikTok tutorial menghidupkan ikan yang sudah mati.

Bahkan, ikan yang dibeli di pasar disebut-sebut bisa hidup kembali. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok bernama @fuad_19. 

Terdapat 3 video yang diunggah oleh akun TikTok tersebut. Di video pertama, Fuad tampak membagikan tutorial menghidupkan ikan mati.

"Tutorial menghidupkan ikan mati," tulisnya di awal video. 

Tampak di video ada beberapa ikan kecil-kecil yang sudah mati tak berdaya. Namun, Fuad menjelaskan langkah-langkah untuk menghidupkan kembali ikan tersebut. 

Pertama dengan menyiapkan baskom yang sudah diisi air. Kemudian masukkan garam secukupnya dan daun bawang yang sudah diiris-iris, lalu aduk. 

Lalu pindahkan ikan yang mati ke baskom yang sudah diberi garam dan daun bawang tadi. Mengejutkannya, tak butuh waktu lama ikan-ikan yang sudah mati itu benar-benar hidup kembali seperti semula. 

"Kemudian kita tunggu beberapa detik, selamat mencoba," tulis Fuad di video itu. 

Tak cukup sampai disitu, tutorial Fuad ini rupanya menarik perhatian warganet. Pasalnya, salah seorang warganet menantang Fuad untuk melakukan hal itu pada ikan-ikan mati yang dibeli di pasar. 

"Coba ikan yg di pasar dong dikasih garam n daun bawang, apakah bisa hidup lagi bangbang," tulis akun agency.mango.live. 

Di video itu, Fuad langsung membeli ikan di pasar yang tentunya sudah mati. 

"Hidupkan ikan emak gue dari pasar cek.."tulis Fuad. 

Fuad pun langsung memindahkan ikan ke dalam wadah. Lalu ia tampak menambahkan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan cabai yang sudah diiris-iris. 

Kemudian, ia tambahkan garam lalu ikan yang sudah dicampur bumbu itu dituang di baskom yang sudah diisi air. Setelah beberapa menit, tampak ikan-ikan yang mati itu menggerakkan insangnya dan berusaha "mengumpulkan nyawa". 

Hingga akhirnya, tutorial Fuad itu terbukti bahwa ikan yang mati bisa dihidupkan kembali. Namun, rupanya ada warganet yang belum percaya dengan aksi Fuad itu. 

"Ikannya bera di tukar itu," kata @ttiistiani.

Seakan tak terima dengan uacapan warganet, Fuad membagikan video asli saat ikan-ikan itu mulai bergerak dan akhirnya hidup kembali seperti semula. 

"Nih guys video aslinya dipercepat, soalnya videonya butuh setengah jam, biar ikannya bisa hidup. Buat yang bilang ikannya dituker, lihat video ini sampai habis," ujar Fuad. 

Ya, memang di video itu terlihat bagaimana proses ikan saat mulai bergerak dari "kematiannya" hingga akhirnya bisa hidup dan berenang di air lagi. 

Sementara itu, fenomena ikan hidup lagi beberapa tahun lalu juga sempat mengenggerkan publik. Saat itu, ada sebuah pemberitaan yang menyatakan jika ikan beku bisa hidup kembali. Kondisi itu kemudian dijelaskan secara ilmiah. Para ahli menyebut jika ikan beku masih bisa dihidupkan kembali dalam jangka waktu dua tahun. 

Dengan catatan, ikan dibekukan dengan metode yang tepat dan dijaga dalam suhu yang sesuai. Ikan yang dibekukan itu pun kemudian bisa hidup dan bergerak lagi seperti semula setelah sesaat diletakkan di wadah air dengan suhu normal.

Topik
tagar palestina indonesiafenomena ikan hidup lagiLomba Desa Pancasila

Berita Lainnya

Berita

Terbaru