Paling Diinginkan Kaum Adam, Segini Jumlah Bidadari Pendamping Saat di Surga

Jun 25, 2021 09:04
Ilustrasi bidadari (Ist)
Ilustrasi bidadari (Ist)

MALANGTIMES - Allah SWT menjanjikan pendamping bidadari bagi kaum Adam di Surga. Orang yang beriman dan bertaqwa akan memiliki istri bidadari lebih dari satu untuk mendampinginya di surga. Lantas, berapa istri kaum Adam kelak di Surga? Mari simak ulasannya yang diolah dari beberapa sumber, salah satunya Channel Islam Populer.

Orang yang beriman dan beramal saleh, memang telah dijanjikan Allah SWT mendapatkan kenikmatan di surga. Bagi kaum Adam, akan diberikan bidadari sebagai pendamping di surga. Janji bidadari bagi kaum Adam di surga, dijelaskan dalam sebuah hadits.

Dari Abu Hurairah RA, "Rombongan yang pertama kali masuk di surga, berbentuk rembulan di malam purnama. Mereka tidak akan meludah, tidak akan berdahak dan tidak akan buang air besar di dalamnya. Bejana bejana dan sisir sisir mereka terbuat dari emas dan perak. Tempat bara api mereka terbuat dari kayu yang wangi. Keringat mereka adalah minyak kasturi. Setiap mereka memiliki dua istri" (HR Bukhari dan Muslim).

Adapun penduduk surga yang paling rendah di dalamnya, ialah seseorang yang terakhir terselamatkan dari neraka. Dari Anus Sa'id Al-Khudri RA, "kemudian ia masuk rumahnya dan masuklah menemuinya dua bidadari surga, lalu berkata : "Segala puji bagi Allah yang menghidupkanmu untuk kami dan yang menghidupkan kami untukmu. Lalu laki-laki itu berkata : "Tidak ada seorangpun yang dianugerahi seperti  yang dianugerahkan kepadaku" (HR Muslim).

Dua istri bidadari di surga akan diberikan pada setiap mukmin. Sementara mereka yang mati syahid, akan memiliki istri lebih dari itu. Dari miqdad bin Ma Dikarib RA, Rasulullah SAW bersabda, "orang yang mati syahid memiliki 6 keistimewaan di sisi Allah, (1) dosanya diampuni sejak tetes darah pertama; (2) bisa melihat tempatnya di surga dan dilindungi dari azab kubur; (3) diberi rasa aman dari peristiwa kehancuran; (4) kepalanya diberi mahkota kewibawaan. Satu berlian yang menempel di mahkota itu lebih baik dari pada  dunia seisinya; (5) dinikahkan dengan 72 istri dari bidadari;(6)diberi hak memberi syafaat 70 orang dari kerabatnya" (HR Tirmidzi).

Lalu, bagaimana kaum Adam berlaku adil pada istrinya di surga?.

Kaum Adam di surga, akan memiliki istri lebih dari satu. Maka hal itu tentunya membuat kehidupan mereka sibuk berada di surga. Kesibukan di Surga, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Sungguh para penduduk surga itu dalam kesibukan yang menyenangkan," (QS Yasin 55).

Ibnu Mas'ud, Ibnu Abbas, Said bin Al Musyayib, Ikrimah, Al Hasan Al Basri, Qatadah, Al A Masy, Sulaiman At Taimi, Al Auza'i, semuanya menafsirkan yang dimaksud ayat tersebut, adalah mereka sibuk mengakui para perawan. Kaum Adam di surga, akan disibukan melayani bidadari sebagai istrinya.

Dari Sa'id bin Arqam RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh seorang laki-laki penduduk surga, diberi kekuatan sebagaimana 100 orang lelaki, dalam hal makan, minum, syahwat dan jima'"( HR Ahmad).

Dari hadits tersebut menjelaskan, jika kaum Adam mampu mengakui istrinya sebanyak 100 kali. Apa saja yang diminta oleh penghuni surga, maka akan dikabulkan Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits. 

Dari Abdullah bin Qadis, Rasulullah SAW bersabda, "bagi seorang mukmin di surga sebuah kemah dari sebuah mutiara yang beranggapan panjang 60 mil, dan bagi seorang mukmin, dalam kemah mutiara tersebut istri-istrinya. Sang mukmin berkeliling mengitari mereka sehingga sebagai mereka tidak melihat sebagian yang lain"(HR Bukhari dan Muslim).

Bidadari-bidadari di surga menjadi kenikmatan tersendiri bagi kaum Adam. Sosoknya yang begitu cantik jelita dan begitu memiliki sopan santun menjadi pendamping kaum Adam di Surga. Rasulullah SAW bersabda, "Sekiranya salah seorang bidadari surga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi aroma harum yang semerbak. Sungguh, tutup kepala salah seorang wanita surga itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya," (HR Bukhari dan Muslim).

Topik
pendamping surgasahabat nabiImam Malikwangi tubuhRasulullah SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru