Saat Ayam Berkokok, Benarkah Melihat Malaikat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Jun 23, 2021 08:14
Ayam jantan yang berkokok saat mulai terbitnya fajar (Ist)
Ayam jantan yang berkokok saat mulai terbitnya fajar (Ist)

MALANGTIMES - Ayam tentunya merupakan hewan yang paling sering dijumpai manusia. Hewan inilah yang paling sering berkokok pada pagi hari. Akan tetapi tahukah kalian jika ayam memiliki kelebihan?

Dari channel Islam Populer, jauh sebelum terdapat peradaban teknologi, Rasullullah SAW bersabda, "Bila engkau mendengar suara ayam jantan, maka mintalah karunia kepada Allah karena ia (ayam) melihat malaikat. Sedangkan bila engkau melihat ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari setan, karena dia (keledai) melihat setan." (HR Bukhari dan Muslim). 

Dalam penelitian jurnal Public Library of Science 2010 mengungkapkan, ayam memiliki kerucut retina tambahan. Kerucut retina tambahan ini memungkinkan ayam untuk membedakan tambahan warna lainnya. Dan hal ini tidak dimiliki oleh manusia. 

Ilmuwan di Washington University di ST Loui yang dipimpin oleh Joseph Corbo juga tidak menampik fakta ini. Ia mengatakan, bahwa kemampuan untuk melihat berasal dari sel cahaya yang ditemukan di retina. Sel inilah yang disebut kerucut, di mana dapat mendeteksi gelombang cahaya yang panjangnya berbeda-beda.

Ayam memiliki kerucut extra, sehingga memiliki kemampuan untuk melihat violet maupun sinar ultraviolet. Hal ini tentunya lebih banyak dari manusia yang hanya memiliki tiga kerucut yang hanya bisa membedakan tiga jenis warna, merah, hijau dan biru.

Warna di retina ayam melebihi warna yang bisa dilihat pada mamalia. Dengan kemampuan ini, tentunya membenarkan sabda Rasulullah Saw tentang ayam yang bsia melihat malaikat. Pasalnya, malaikat diciptakan dari cahaya yang artinya dari sinar ultraviolet. 

Dari Aisyah RA, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepada kalian." (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Saat mulai memasuki pagi, ayam mulai berkokok. Namun hal tersebut bukan karena matahari telah muncul. Akan tetapi, ayam melihat cahaya yang terpancar dari para malaikat yang membagikan rezeki dari Allah SWT. 

Sesuai sabdanya, ketika Rasulullah pulang dari salat subuh dari Masjid Nabawi, ia mendapati putrinya bernama Fatimah masih dalam kondisi tidur. Beliau kemudian bersabda, "Wahai anakku bangunlah. Saksikan rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai. Karena Allah memberi rezeki hambanya antara terbit fajar dengan terbit matahari." (HR Imam Ahmad dan Al Baihaqi).

Imam Ali Ar Ridho as juga menyampaikan, malaikat memberikan rezeki anak Adam diantara terbitnya fajar hingga terbitnya matahari. Siapa yang tidur di antara keduanya maka ia telah tidur atas rezekinya.

Ayam sendiri berkokok mulai sekitar pukul 02.00 hingga pukul 04.30 WIB. Saat itulah juga dianjurkan untuk melaksanakan saalat malam atau saalat tahajud. Saat mulai mendengar itulah, Rasulullah bangun untuk melakukan salat malam atau salat tahajud.

“Aku pernah bertanya pada Aisyah tentang salat Nabi Muhammad di waktu malam. Lalu dia menjawab, apabila mendengar kok ayam beliau bangun, lalu salat .”(HR Ahmad). 

Topik
penelitian ilmiahpenghapus dosaNabi Muhammad SAWpuasa ayyamul bidhBerita Agama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru