Garam Bisa Mengusir Setan? Simak Ulasannya

Jun 21, 2021 08:51
Garam dapur (istimewa)
Garam dapur (istimewa)

INDONESIATIMES - Siapa pun mungkin sudah mengenal garam, salah satu bumbu dapur untuk penyedap rasa. Namun, lebih dari itu, garam juga dipercaya dapat mengusir ular. Bahkan ada juga yang percaya garam bisa mengusir setan.

Benarkah garam bisa mengusir setan? Mari simak ulasannya.

Orang-orang dahulu banyak yang percaya jika garam bisa mengusir setan. Garam ditaburkan di depan rumah atau di sekitar lokasi agar terhindar dari gangguan setan. 

Namun dalam ajaran Islam, tidak ditemukan satu pun riwayat bahwa garam dalam mengusir setan. Yang pernah terjadi, Rasulullah menaburkan garam di bagian tubuhnya karena tersengat kalajengking.

Selain menaburkan garam ke tubuhnya, Rasulullah juga membaca Surat Al Kafirun dan Muawwdzatain hingga sakit yang beliau rasakan hilang. Jafi, untuk berlindung dari setan, tidak ada hal lain selain membaca ayat-ayat suci Al-Quran. 

Rasulullah pun menganjurkan untuk selalu memperbanyak membaca doa pada pagi maupun sore hari. Barang siapa membaca doa “Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim” sebanyak tiga kali ketika pagi dan petang hari, maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakan dirinya (HR. Abu Dawud4/323, At-Tirmidzi 5/465, Ibnu Majah dan Ahmad. Lihat Shahih Ibnu Majah 2/332, Al-Allamah Ibnu Baaz berpendapat, isnad hadits tersebut hasan dalam Tuhfatul Akhyar hal. 39.)

Doa tersebut memiliki arti: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Dari hadis riwayat tersebut sudah jelas bahwa tidak terdapat hal lain yang dapat mengusir setan selain dengan membacakan ayat-ayat suci Al-Quran. Bukan dengan menabur garam di waktu sore atau pagi hari.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu jadikan rumahmu-rumahmu seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca Surat Al-Baqarah"(HR Muslim).

Ketika setan mendengar Surat Al-Baqarah, maka setan yang berada di dalam rumah akan keluar dari rumah tersebut. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW. "Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surat Al-Baqarah, dan sesungguhnya jika setan mendengar surat Al-Baqarah dibaca, maka ia akan keluar dari rumah  yang dibaca di dalamnya Surah Al-Baqarah" (HR Hakim).

Topik
Mengusir setankajian islamiMusikus Lumajang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru