Dirjen Vokasi Tunjuk Unikama Jadi Pendamping Program SMK Pusat Unggulan

Jun 17, 2021 18:31
Wakil Rektor 1 Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi (Ist)
Wakil Rektor 1 Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi (Ist)

MALANGTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mendapatkan kepercayaan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Unikama ditunjuk menjadi pendamping Program SMK Pusat Unggulan pada 2021. 

Wakil Rektor 1 Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi menjelaskan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Perguruan Tinggi Sebagai Pelaksana Pendampingan 
Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan tahun 2021, di Jawa Timur terdapat 19 perguruan tinggi, baik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditunjuk. 

Ruang lingkup pendampingan SMK pelaksana Program SMK Pusat Unggulan, adalah mendampingi sekolah dalam mencapai target luaran, hasil dan dampak yang diinginkan. Di dalamnya terdapat dua poin, poin pertama mengembangkan perencanaan pengelolaan dan pengembangan sekolah sesuai data. Dan untuk poin kedua, adalah membantu mengeksplorasi kemungkinan SMK negeri menjadi BLUD dan atau SMK swasta mempunyai unit usaha resmi.

"Pada prinsipnya, pendampingan nanti adalah dalam rangka penyusunan kurikulum maupun penataan sarana prasarana dan proses pelaksanaan pembelajaran," terangnya.

Dalam Program SMK Pusat Unggulan memang terdapat anggaran yang cukup besar. Sehingga, dalam pengelolaannya, diperlukan pendampingan agar dalam pelaksanaan bisa berjalan sesuai target atau bisa terlaksana baik dan tepat sasaran.

Di sini, perguruan tinggi pendamping menjadi perpanjangan tangan dari Kemendikbud Ristek memberikan persetujuan dalam rencana pengadaan peralatan, serta rencana pelatihan guru dan kepala sekolah di luar pelatihan yang diberikan Kemdikbud Ristek.

"Dengan pendamping dari perguruan tinggi, tentunya diharapkan bisa berjalan tepat sasaran dan efektif," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskannnya, tujuan dari pelaksanaan pendamping tersebut, tentunya juga untuk mendorong pengembangan sekolah, baik dari sisi SDM yang berkualitas maupun kelembagaan sekolah yang semakin bagus dan kuat.

"Tapi yang paling penting adalah mampu menyelaraskan dengan dunia kerja dan dunia industri," tegasnya.

Dalam melaksanakan tugas pendamping itu, bukan hal baru bagi Unikama. Selama ini, Unikama telah banyak memiliki pengalaman dalam melakukan pendampingan. Terlebih lagi, di Unikama juga terdapat berbagai disiplin ilmu yang itu selaras dengan yang ada di SMK.

"Untuk SMK yang didampingi memiliki keunggulan di bidang ekonomi kreatif dan jaringan. Di Unikama sendiri memiliki pendidikan ekonomi, ada teknik informatika dan juga sistem informasi yang itu mendukung kegiatan SMK Unggulan tersebut," pungkasnya.

Topik
pendamping smk unggulantambang pamekasanmahasiswa unikamaunikama malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru